Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Simak Bagaimana Hacker Mencoba Mencuri Bitcoin Dari Anda

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Mar 20, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Sejauh mana pengetahuan anda tentang bitcoin? Atau malah anda adalah salah satu penggunanya saat ini?

    Jika anda adalah pengguna bitcoin, mungkin salah satu alasannya adalah karena anda mengetahui jika bitcoin digadang-gadang sebagai mata uang virtual masa depan. Sejak tahun awal kemunculannya pengguna bitcoin terus bertambah. Hal ini juga turut berdampak pada kenaikan level harga bitcoin. Jika anda adalah pengguna lama bitcoin, mungkin saat ini keuntungan yang anda dapatkan sudah berkali-kali lipat dibandingkan diawal kemunculannya.

    [​IMG]
    Hacker bitcoin

    Meningkatnya eksistensi bitcoin ini tidak hanya memicu keuntungan dari para nasabah dan penggunanya, namun juga menimbulkan dampak buruk yaitu munculnya hacker yang berusaha mencuri bitcoin anda. Kasus yang paling hangat tentang pembobolan mata uang virtual yang dilakukan para hacker ini terjadi di Jepang dimana bursa mata uang cryptocurrency Coinchek mengklaim bahwa sekitar US$ 538 juta atau setara dengan Rp 7,1 triliun dibobol oleh hacker. Hal ini terdengar framatis mengingat Jepang sendiri adalah negara yang memelopori peredaran uang virtual ini.

    Securework juga melaporkan bahwa tim hacker terkenal yang memiliki hubungan dengan pemerintahan Korea Utara, Lazarus Group, tengah menggemborkan campain serangan spearphising pada para pegawai dalam industri cryptocurrency dengan tujuan untuk mencuri bitcoin. Spearphising adalah metode yang digunakan hacker untuk menyerang seseorang atau organisasi dengan mengirimakan email atau komunikasi elektronik lainnya untuk mencuri data dengan memasang malware pada komputer korbannya.

    Cara kerja dari spearphising adalah dengan menyelipkan malware ke komputer para korban dengan mengirimkan file word yang terlihat tidak berbahaya pada awalnya. Kemudian file tersebut akan meminta penerimanya untuk mengaktifkan fitur pengeditan untuk melihat dokumen secara keseluruhan. Ketika fitur sudah diaktifkan, maka selanjutnya file akan mengaktifkan macro yang akan memicu trojan untuk menembus PC secara perlahan.

    Malware yang disebarkan dari file yang sebelumnya telah diterima oleh pengguna mampu meretas bitcoin wallet dan mencurinya menggunakan botnet serta virus trojan. Virus trojan ini akan masuk ke komputer pengguna bitcoin dan menggunakannya seakan korban tengan bertransaksi bitcoin. Hal ini semakin membuat hacker sulit untuk dideteksi pergerakannya.

    Para pengguna bitcoin tidak boleh meremehkan kemampuan hacker dalam mencuri bitcoin yang dimiliki. Hal ini terlihat dengan keberhasilan menyerang bank yang dilakukan oleh hacker untuk mencuri USD 81 juta atau setara Rp 1,1 triliun. Kemungkinan serangan ini merupakan awal dan masih akan berlanjut.

    Cara melincungi akun bitcoin anda

    Salah satu hal penting yang perlu diketahui oleh pengguna bitcoin adalah bahwa setiap transaksi bitcoin tidak dapat dikembalikan. Jika anda menerima bitcoin, anda tidak perlu khawatir pengirim akan mengambil bitcoin yang telah dikirim. Begitupula sebaliknya, jika anda sudah mengirim bitcoin yang anda miliki, anda tidak dapat mengambilnya kembali. Hal ini tentu berdampak buruk jika hacker yang memanipulasi pengiriman dan anda tidak dapat mengambil bitcoin anda yang telah dikirim ke akun lain oleh hacker tersebut.

    Salah satu cara hacker membobol akun bitcoin anda adalah melalui akun email anda. Biasanya akun email yang mudah dibobol ini adalah akun email yang terhubung dengan akun-akun lainnya. Hal yang perlu anda lakukan untuk mengamankan akun email anda antara lain:

    1. Gunakan pasword yang unik dan kuat

    2. Memeriksa aktivasi login anda

    3. Review dan hapus auto-forwarders email anda

    4. Review Linked Account

    5. Menyiapkan otentikasi dua faktor

    Ketika anda telah melakukan pengamanan terhadap akun email anda maka anda telah melakukan satu langkah tepat untuk melindungi akun bitcoin anda dari ancaman hacker bitcoin.
     

Share This Page



loading...
loading...