Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Ukraina Akhirnya Tetapkan Pajak Pendapatan Cryptocurrency

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Sep 8, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Pajak menjadi salah satu sumber pendapatan negara yang terbesar tidak hanya untuk negara maju saja namun berbagai negara di dunia. Pengenaan pajak sendiri diberikan kepada wajib pajak yang nilai pendapatan melebih penghasilan tidak kena pajak atau PTKP. Untuk PTKP setiap negara tentu saja berbeda – beda tergantung kebijakan di negara tersebut. Dasar pengenaan pajak ini juga beragam mulai dari barang atau jasa yang diperjualbelikan, pajak penghasilan hingga hadiah atau pajak waris. Tak hanya produk yang berwujud saja yang terkena pajak namun juga produk tak berwujud layaknya cryptocurrency.

    Maraknya cryptocurrency yang diperdagangkan

    Kehadiran cryptocurrency saat ini memang semakin marak terlebih kemajuan teknologi yang berkembang secara pesat. Fungsi cryptocurrency ini tidak hanya untuk membayar tagihan saja namun juga untuk diinvestasikan dalam bentuk tabungan atau menjadi obyek trading bagi beberapa trader. Beberapa cryptocurrency yang biasa diperdagangkan atau difavoritkan oleh traderdiantaranya ialah sebagai berikut :

    a. Bitcoin

    Uang virtual pertama yang diluncurkan pada 2009 lalu memang memiliki nilai yang cukup tinggi saat ini. Satu kepingnya saja sudah bisa digunakan untuk membeli satu unit mobil. Tak heran permintaan akan uang virtual ini kian meningkat.

    b. Bitcoincash

    Bitcoincash hadir untuk menjadi solusi hardfork pada bitcoin. Bitcoin yang anda miliki bisa langsung diubah menjadi bitcoincash. Nilai bitcoincash walau tak setinggi bitcoin namun banyak dijadikan pilihan investasi bagi pemula.

    c. Ethereum

    Ethereum merupakan uang virtual hasil dari ICO yang ditemukan oleh vitalikbuterin. Keunggulan ethereum ialah adanya smartcontract yang jarang ditemukan dalam cryptocurrency lain

    Selain itu ada pula litecoin,Dash,stellar,monero atau ripple uang juga difavoritkan untuk diperdagangkan.

    Perkembangan cryptocurrency di Ukraina
    [​IMG]
    Perkembangan cryptocurrency di berbagai belahan dunia tak bisa berjalan mulus karena pengaruh pemerintahannya. Bagi Indonesia sendiri transaksi dengan cryptocurrency tidak dijamin oleh pemerintah layaknya transaksi dengan uang moneter. Ukraina sendiri termasuk negara yang ramah akan kehadiran cryptocurrency. Jika di Indonesia cryptocurrency masih diragukan maka Ukraina bahkan menggunakan jaringan blockchain untuk pemilu beberapa waktu lalu. Hal ini bahkan di klaim sebagai yang pertama dilakukan dalam dunia politik suatu negara. Penggunaan jaringan blockchain bahkan menekan biaya pemilu kala itu.

    Kini ada berita baru lagi tentang cryptocurrency di Ukraina yakni mengenai tarif pajak yang dikenakan atas uang virtual. Tarif pajak yang dikenakannya ialah sebesar 19.5 % dari pendapatan cryptocurrency. Untuk perdagangan dan penambangan cryptocurrency akan dikenakan tarif pajak sebesar 5 %. Nilai ini jauh lebih rendah ketimbang Indonesia yang menerapkan tarif pajak sebesar 10%. Adanya transaksi cryptocurrency yang semakin besar di Ukraina menuntut kementrian keuangan Ukraina menetapkan tarif pajak. Perhitungannya juga sangat sederhana sehingga para wajib pajak Ukraina bisa dengan mudah memperhitungkan besaran pajak yang harusnya dibayarkan.

    Bulan lalu ukraina juga telah melegalkan regulasi terkait konsep cryptocurrency di negara mereka. Tak hanya kementrian keuangan saja yang ambil bagian dalam regulasi ini namun juga Bank nasional Ukraina, lembaga penjamin dan Komisi Pasar Modal atau NSSMC. Dalam aktivitas transaksi cryptocurrency ada dua lembaga yang patut mengambil peran besar yakni NSSMC dan Bank Sentral Ukraina. Adanya pajak crypto dapat menambah pendapatan negara dan disisi lain memberatkan para trader untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Menurut anda sendiri bagaimana terkait besaran pajak yang ditanggung oleh masyarakat Ukraina ini? Apakah relative kecil atau malah sebaliknya?
     

Share This Page



loading...
loading...