Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Uang Virtual dan Uang Elektronik, Beda Lo!

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Jan 15, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Anda pasti sudah mendengar fenomena uang virtual dan elektronik beberapa waktu yang lalu. Kini untuk berbelanja dan bertransaksi tak hanya bisa menggunakan uang fisik saja namun juga uang elektronik dan virtual. Uang virtual merupakan uang yang diciptakan menggunakan teknologi super canggih dan tidak dikuasai oleh negara manapun. Sifatnya sama dengan uang moneter namun tidak memiliki wujud dan tak dikuasai pemerintah. Uang virtual yang banyak beredar saat ini sangat beragam mulai dari bitcoin, ethereum, litecoin, dash dan masih banyak lagi lainnya.

    Selain uang virtual juga muncul uang elektronik yang biasa diterbitkan oleh pihak bank atau institusi yang melayani fasilitas umum. Keduanya sama – sama tidak memiliki wujud seperti uang moneter yang anda gunakan saat ini. Manfaatnya anda bisa melakukan transaksi lebih cepat, aman dan tidak repot dalam menyediakan tempat untuk uang itu sendiri didalam dompet. Ada banyak perbedaan lo dari keduanya yang perlu anda pahami berikut ini :

    [​IMG]

    Perbedaan Sistem

    Walau sama – sama tidak memiliki bentuk fisik namun keduanya juga memiliki sistem yang berbeda. uang elektronik memiliki basis server dan berbasis chip. Hal ini berbeda dengan uang virtual yang sistemnya dibangun oleh rantai blok atau blockchain. Segala sistem pencatatan uang virtual telah terdesentrali oleh blockchain sedangkan milik uang elektronik terpusat pada servernya.

    Tingkat Kemananan Yang Tak Sama

    Bertransaksi menggunakan uang virtual dinilai jauh lebih aman ketimbang uang elektronik. Keamanan sistem uang virtual sangat sulit untuk dimasuki hacker. Hal ini berbeda dengan uang elektronik yang mungkin saja dapat ditembus oleh para hacker untuk pencurian data kartu kredit dan lainnya.

    Nilainya Tak Sama

    Perbedaan keduanya selanjutnya terletak pada nilai dari uang virtual dan elektronik. Uang vrtual layaknya uang yang berdiri sendiri sehingga nilainya bisa berubah-ubah. Uang elektronik menggunakan nilai uang konvensional dari negara penerbit kartunya. Nilai uang virtual ini bahkan mampu menembus angka US$ 17.000 per koinnya. Nilainya juga tidak bisa dimanipulasi oleh siapapun bahkan oleh presiden sekalipun.

    Cara Memproduksinya

    Uang virtual diproduksi dengan cara perhitungan algoritma melalui data enskripsi. Jumlahnya di seluruh dunia juga dibatasi. Untuk mendapatkan uang virtual anda bisa membelinya di bursa pertukaran uang virtual atau dengan cara menambangnya. Uang elektronik diterbitkan oleh suatu lembaga yang juga dijamin oleh otoritas keuangan. Ini artinya transaksi menggunakan uang elektronik dijamin dan dilindungi oleh suatu badan keuangan. Untuk uang virtual hanya berlaku pada beberapa negara tertentu saja yang telah melegalkannya sebagai alat pembayaran.

    Privasi dan Akses

    Perbedaan keduanya selanjutnya terletak pada akses dan privasi pemilik uang tersebut. Untuk uang virtual aksesnya memakai jaringan internet dan data pemilik tidak bisa dilihat oleh siapapun kecuali pemiliknya sendiri. uang elektronik tidak perlu memakai jaringan internet dalam mengaksesnya sebab biasanya diterbitkan dalam bentuk kartu maupun perangkat telekomunikasi. Data pemilik sendiri tersimpan dalam standar lembaga keuangan yang berlaku.

    Jangkauan Transaksinya

    Jangkauan uang elektronik biasanya lebih terbatas ketimbang uang virtual. Pengisian uang elektronik cukup melalui ATM atau di merchant penerbit kartu. Uang virtual memiliki jangkauan penggunaan lebih luas karena dapat digunakan di beberapa negara. Anda bisa belanja online antar negara dengan uang virtual. Tak hanya belanja online namun juga membeli rumah, asuransi hingga makanan bermodal uang virtual. Uang elektronik biasa dipakai untuk membayar tol, belanja di supermarket, membayar transportasi umum namun hanya terbatas di satu negara.
     

Share This Page



loading...
loading...