Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Transaksi Bitcoin, Risiko Tanggung Sendiri

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Feb 18, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Transaksi bitcoin atau uang virtual, semakin marak di Indonesia. Meski di sisi lain, Bank Indonesia (BI) tidak mengakuinya sebagai alat pembayaran yang sah.

    Pengguna bitcoin belum terdeteksi di kota mana saja. Namun, menurut pihak Bank Indonesia Wilayah Sulampua (Sulawesi, Maluku, dan Papua) tidak menutup kemungkinan sudah ada di Makassar.

    BI mengingatkan, bitcoin yang ditransaksikan seperti halnya emas atau valas, tidak dijamin keamanannya. “Kita tidak tahu jumlah pelaku transaksi bitcoin di daerah ini. Kami tidak pernah memantau, karena transaksi bitcoin ini tidak diakui di Indonesia,” jelas Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah Sulampua, Suhaedi, Senin 17 Februari.

    Dia menjelaskan, tidak sahnya transaksi bitcoin di sudah diatur dalam Undang Undang nomor 7 tahun 2011 tentang mata uang, dan Undang undang nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia.

    “Undang-undang ini direvisi lagi menjadi nomor 6 Tahun 2009, tentang penetapan pengganti undang-undang nomor 2 Tahun 2008, tentang Perubahan kedua atas UU 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia. Isinya menyatakan, bahwa bitcoin maupun virtual currency lainnya bukan alat pembayaran yang sah,” jelas Suhaedi.

    Dia pun memperingatkan masyarakat yang bertransaksi bictoin harus berhati-hati. Sebab, risikonya ditanggung sendiri penggunanya.

    Di kalangan trader, bitcoin tetap diyakini sebagai inovasi sistem pembayaran. Tidak sah menurut BI pun dianggap bukan berarti tidak boleh. Spekulan menggunakan bictoin untuk memperbanyak pundi-pundi. Di beberapa negara, bitcoin bahkan telah menggeser mata uang. Padahal Bitcoin hanya sebagai komoditas dagang ataupun investasi.

    CEO Bitcoin Indonesia Oscar Darmawan mengatakan, transaksi jual beli bitcoin dapat meningkatkan pajak negara dan devisa ke Indonesia.

    “Kami bermimpi lebih jauh, pemerintah dapat mendukung transaksi Bitcoin ini sehingga nantinya dapat memberikan pemasukan negara,” ujarnya saat acara “Bitcoin Marketplace” di Jakarta, beberapa waktu lalu seperti dikutip merdeka.com. (Fajar.co.id)
     

Share This Page



loading...
loading...