Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Syarat Untuk Mengikuti ICO dan Keuntungan Bagi Pemilik Modal

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Apr 3, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    ICO (Initial Coin Offering) belakangan semakin gencar terlebih dengan munculnya banyak developer yang menggunakan metode ini untuk mengumpulkan dana demi proyek yang mereka kerjakan khususnya pada tahun 2017. Tidak tanggung-tanggung, jika metode ini ditekuni dapat menghasilkan jutaan dollar AS.

    Tahun 2013 adalah tahun kemunculan pertama ICO yang dirilis oleh Coin Masternim (OMNI) yaitu sebuah komunitas cryptocurrency dengan basisi Blockchain yang telah mengumpulkan banyak token sejak Juli 2013 dalam forum Bitcointalk.org. ICO menggunakan Etherum sebagai sarana kampanye dan menuai hasil paling sukses hingga mencapai harga 0.12 BTC per koin beberapa waktu setelah kampanye pendanaan berhasil dilakukan pada 2014. Hal ini sekaligus mengantarkan Etherum menjadi mata uang virtual kedua terbesar setelah bitcoin.

    Tentang ICO

    ICO secara umum diartikan sebagai penawaran coin terawal sebelum diedarkan di pasar bebas. ICO biasanya ditawarkan dengan tujuan mengumpulkan dana pengembangan proyek yang tengah meraka lakukan terkhusus pada coin digital kepada developer. Dana yang mereka butuhkan digunakan untuk memaksimalkan proyek agar cepat berkembang dan cepat selesai.

    Keuntungan utama bagi developer yang menerima bantuan dana ICO adalah untuk membantu mempercepat proyek yang dikembangkan dan dapat segera dinikmati oleh banyak orang. Sedangkan bagi investor, keuntungan yang mereka dapatkan adalah mendapatkan token atau coin yang dapat diperjual-belikan secara bebas pada market exchange. Selain itu investor juga akan mendapatkan harga yang lebih murah. Nantinya jika loin tersebut diluncurkan maka harganya bisa mencapai 5x lipat dari harga ICO.

    Kendati demikian, ICO tentu tidak selalu menawarkan kemudahan yang menggiurkan. Dibalik keuntungannya ICO yang memiliki sifat sebagai barang investasi akan membuat investor menyetorkan uang pada pihak ketiga yang bisa saja tidak dapat dipercaya sehingga uang yang kita percayakan akan disalah gunakan (scam). Bentuk dari investasi ICO ini lebih condong ke mata uang digital yang menyerupai bitcoin.

    Mekanisme ICO dimulai dengan membuat whitepaper yang isinya gambaran jelas tentang proyek yang akan dijalankan. Penggalangan dana ini dapat dilakukan dengan uang konvensional atau uang digital. Setelah penjualan ICO selesai maka uang yang terkumpul akan dihitung. Jika tidak mencapai minimum yang dibutuhkan maka uang akan dikembalikan kepada peserta ICO sesuai dengan jumlah yang disepakati. Jumlah uang yang dikembalikan maupun kondisi saat distribusi juga menjadi bagian dari whitepaper.

    [​IMG] [​IMG]

    Cara mengikuti ICO Cryptocurrency

    Kendati bisa diikuti oleh siapapun yang berminat, ada kalanya beberapa investor tidak diperbolehkan ikut karena peraturan yang berlaku di negara tersebut atau perusahaan yang enggan mengambil resiko.

    · Platform untuk ikut ICO

    Platform mayoritas ICO pada saat ini umumnya menerima dana dalam bentuk ETH. Namun ada kalanya beberapa ICO juga menerima currency selain seperti bitcoin dan sejenis token ERC20. Platform ICO sendiri rata-rata berada dalam platform ETH walau akhir-akhir ini ada projek yang mengadakan ICO di platform lain seperti Waves atau NEO.

    · Smart Contract untuk ICO

    Proses untuk menggunakan Smart Contract antara lain:

    1. Investor akan mengirimkan dana dalam ETH ke alamat ICO.

    2. Alamat ICO yang telah dikirimi dana akan secara otomatis mengirimkan token ERC20 ke alamat ETH pengirim.

    3. Sebagai tambahan, selain ETH, alamat tersebut juga menyimpan token ERC20 (OMG, PAY, REP)

    · ICO tanpa Smart Contract

    Dalam ICO tipe ini biasanya mereka tidak mendaftarkan ke platform perusahaan namun langsung mengirim dana ke alamat cryptocurrency yang dimiliki. Dikemudian hari mereka baru akan token kepada investor baik secara manual maupun sistematis. Perbedaan dengan yang menggunakan Smart Contract berikutnya adalah pengiriman token tidak terjadi secara langsung.
     

Share This Page



loading...
loading...