Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

suhu ideal atau aman pada gpu mining rig

Discussion in 'Hardware dan Perangkat Tambang' started by lapekoque, Apr 13, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. lapekoque

    lapekoque New Member

    halo smuanya, saya ada pertanyaan nih mengenai suhu untuk gpu,
    untuk hw saya menggunakan mobo msi 890 gd 70, proc athlon x2 260, ram 8gb psu 1 x 650 dan 1 x 750 gold rated , gpu saya menggunakan xfx 6950 2 gb, his turbo reference model 6950, his reference 6950 unlcok to 6970 dan msi lightning 6970.
    untuk sw saya menggunakan os win 8.1 pro x64, gpu driver 13.1, sdk 2.9, cgminer 3.7, sapphire trix, msi afterburner, dan gpuz.
    untuk hal terkait dengan pertanyaan yg saya ajukan adalah berapa suhu yg masi dikatakan aman untuk mining rig mengingat ini kan running 24/7 ya dengan sesekali restart.
    untuk penggunaan software gpuz itu sendiri terdapat beberapa suhu yg saya amati yaitu
    gpu, gpu temp #1, gpu temp #2 dan gpu temp#3

    untuk suhu gpu masi ada dalam kisaran antara 60 sd 75 derajat, tetapi untuk suhu gpu temp # 3 ada 2 gpu ygn sudah menyentuh angka sd 90 bahkan 90++.

    apakah aman dengna keadaan spt ini?

    untuk langkah yg sudah saya lakukan adalah dengan membersihkan gpu, bersihkan heatsink, regrease kipas, ganti pasta dengan artic cooling, mengencangkan baut.

    solusi sememntara sekarang adalah saya undervolt sampe juga harus underclock agar suhu gpu temp#3 bisa berada dibawah 90 derajat.

    apakah suhu gpu temp#3 itu, dan bagai mana saya harus nyikapin ini, apakah memang wajar atau kah khusus untuk gpu temp #3 ini bisa diatas 90
     
  2. zeroone

    zeroone New Member

    setahu saya paling aman ya dibawah 80 derajat om rata-rata gpu ... mungkin di RMA aja kalau masih garansi
     
  3. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Saya pernah pakai 6990 ref ATI dan powercolor dengan undervolt ke...lupa persisnya, kalau gak salah 1.09 volt. Suhu kerjanya di 85-90 bisa nonstop berhari2. Suhu ruangan sekitar 22-25 (ruang ber AC).
    Setiap GPU punya spesifikasi sendiri2 untuk suhu kerja "aman". Secara umum, suhu tidak aman itu 95-100. Suhu aman yang saya tau;
    - 7950 : 70-80 C
    -R280x : 75-85 C
    - 69xx : 80-90 C
    dengan temperatur ruangan kurang lebih 25-30. Kalau lebih tinggi dari itu coba jauhkan jarak antar VGA dan atur lagi airflow rig dengan bantuan kipas rumah. Jangan set kecepatan kipas VGA di 100% dalam waktu lama karena lebih dari 80% penurunan suhu nya gak signifikan dan hanya mempercepat rusak kipas.

    Mudah2an bermanfaat.
     
  4. lapekoque

    lapekoque New Member

    mantap sekali infonya, terimakasi MAXScrypt n zeroone, sekalian mo minta masukan, rencana mau nmabah gpu lagi, pilihan tetep sama sekitar seri 69xx apakah akan lebih baik akan nambah 2x 6950 atau nambah dengan 6990??
    mohon masukan untuk pengalamannya mining pake 6990 kendala dan tips2nya..
    trimakasiiii,,
     
  5. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Saran saya sih gak pakai seri 69xx karena perbandingan khs/watt nya tinggi jadi biaya nya tinggi. Belum lagi berisik nya hehehe.
    Terlepas dari itu, mending 6990 aja. Pemakaian listrik kurang dari 2 6970 tapi performa nya 2 x 6970.

    Btw, setahu saya, cgminer support max 7 gpu dan 6990 itu itungannya 2 gpu. Kalau ngikut sama rig awal jadi totalnya 6 gpu. Dan windows, terutama windows 8, katanya suka ada masalah dengan gpu lebih dari 4. Coba googling dulu bro. Lalu, 6990 butuh total sekitar 400 watt, jadi dari psu power ke vga nya harus dari 2 slot berbeda.
     
  6. lapekoque

    lapekoque New Member

    saya termasuk yg beruntung bro, listrik ngikut kantor, jadi gak usah mikir faktor listriknya..
    hehehe.. :D
    saya pilih seri 69xx karna menurut saya price performancenya paling bagus jika mengesampingkan faktor biaya listrik.
    masi ada beberapa pertannyaan ni..
    1. mengenai " jadi dari psu power ke vga nya harus dari 2 slot berbeda. "
    itu gak bisa satu slot power ya, sama aja kaya kita ngempanin 2 vga brati ya??
    jadi kalo misal saya kasi psu yg 500 watt dedicated hanya untuk gpu ini masi kuat ya, asalkan ada 2 slot pcie untuk vganya, bgt kan ya??
    2. kemudian mengenai penggunaan psu PURE, kalo mngacu pure ini tentang efisiensinya ya? Jadi isal kalo sama2 psu 500watt antara bronze dan gold apakah masih aman jika bronze grade digunakan untuk mining? karna jika hanya mengacu efisiensi,, pada kasus saya kan saya gak memikirkan masalh listriknya.
    kalo memang spt itu brati bisa ya saya memakai psu 500watt bronze grade yang dedicated hanya untuk mesuply 6990 nya ya??
    maap banyak tanya ya...
    terimakasi..
     
  7. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    1. Maksud saya, 6990 ketika di over clock listrik butuh sekitar 400-450 watt dan harus di supply oleh 2 kabel power pcie. Gak bisa 1 di parallel.
    2. Dalam kasus listrik bukan masalah, 80 plus bronze ok aja. Menurut saya mining membutuhkan psu yang rating 80 plus. Masalah kelasnya bronze, gold, atau titanium kembali ke dana dan keinginan efisiensi. Disarankan merk terkenal ya gan. Terkenal bagus, bukan terkenal jelek hahaha.
    Anyway, walaupun listrik gratis, perlu diperhatikan :
    1. Yang gratis itu agan, kantor tetap bayar ke pln kan? Masang 2 6990 itu sekitar 1000 watt termasuk system. Berarti pasti ada kenaikan signifikan di tagihan listrik kantor. Jangan sampai mining dapatnya SP, bukan coin hahaha.
    2. 1000 watt terus menerus 24/7 akan menghasilkan panas yang luar lumayan. Kabel instalasi listrik kantor siap?
     
  8. lapekoque

    lapekoque New Member

    trimakasi sekali maxscrypt masukannya,, sangat informatif... :D
    kalo spt itu brati bisa deh saya pake bronze aja, paling tidak merek seasonic masi bisa di toleransi ya??
    yang untuk kebutuhan listrik saya sudah konsul ke divisi di kelistrikan,
    sebelumnya saya juga gak tau dan memperkirakan akan spt itu, tapi katanya kalo nambah beban sampe dengan 4000watt pun katanya gak masalh karna di tempat saya terdapat banyak perkakas listrik yang butuh watt besar, dan mereka juga kasi lampu hijau untuk penambahan beban spt itu.
    lalu yang instalasi listrik saya disarankan oleh divisi listriknya untk menggunakan kabel tembaga bukan yang serabut untuk sampai dengan colokannya.
    dengan keadaan spt demikian itu apakah masi ada yg perlu diperhatikan lagi agar lebih aman?
    sekali lagi trimakasi .. :D
     
  9. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Seasonic bronze ok. Kalau beda dikit dengan yang gold, ambil gold aja. Siapa tau pensiun mining mau jadi gamer hahaha.
    Kalau sudah ada restu dari bagian listrik berarti 50% aman. Tinggal bagian keuangan aja yang biasa bayar tagihan.
    Kabel tembaga ok, saya pakai 2 x 3.5 mm2 untuk 2200 watt. Jangan lupa kualitas MCB dan colokan. MCB bisa pakai schneider atau broco ASLI. Kemarin saya baru beli colokan buatan jerman, gak ada merk nya tapi di belakangnya ada tulisan "spannung...(yang artinya voltage)" empat lubang harganya 65rb. Besi konektornya jauh lebih kuat dan keras daripada buatan cina.
     

Share This Page



loading...
loading...