Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Sudah Amankah Password Akun Bitcoin Anda?

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Apr 3, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin yang anda miliki saat ini adalah aset yang harus selalu anda jaga. Jika anda lali dalam menjaga maka bisa saja orang lain mengambil alih aset bitcoin yang anda miliki saat ini. Bitcoin adalah mata uang digital yang berbeda dengan mata uang konvensional pada umumnya. Jika uang konvensional dapat disimpan di bank dan hanya pemilik yang dapat mengakses dan mengetahui isi dari rekening bank tersebut, pada bitcoin anda perlu menggunakan cara ekstra untuk menyimpan dan mengaksesnya agar tetap aman.

    [​IMG]

    Password bitcoin

    Apa yang dimaksud dengan password bitcoin?

    Password bitcoin adalah sebuah sandi yang digunakan oleh pemilik untuk mengakses bitcoin yang ia miliki. Bitcoin yang kita miliki dapat ditambah dengan cara menambang dan kita juga dapat mentransfernya kepada orang lain yang dikehendaki. Namun, agar kegiatan menambang atau mentransfer tersebut dapat berjalan lancar, kita harus mengetahui password bitcoin yang kita miliki serta bagaimana cara kerjanya. Pengertian password pada bitcoin dapat di analogikan dengan ilustrasi di bawah ini!

    A ingin mentransfer bitcoin kepada tuan C. Ketika A ingin mengirim surat pada tuan C, maka hal yang perlu diketahui oleh A adalah alamat dari kotak pos dan nomor pos milik tuan C. Alamat pada bitcoin disebut dengan wallet address sedangkan nomor pos disebut dengan public key.

    Public key yang dimiliki antar akun bitcoin sangat panjang serta rumit karena banyak sekali kotak pos bitcoin. Namun A tidak perlu khawatir karena public key ini dapat dilihat di internet. Ketika melihat di internet akhirnya A mengetahui berapa nomor pos tuan C. Ketika A sudah mengetahui public key milik tuan C, maka A dapat mentransfer bitcoin sesuai dengan yang diinginkan serta A juga dapat melihat berapa jumlah bitcoin yang dimiliki oleh tuan C di dalam kotak penyimpanannya.

    Sebenarnya tidak hanya A saja yang dapat melihat isi dari kotak pos tuan C. Semua orang yang lewat dapat melihat isi kotak pos tersebut, namun mereka tidak mengetahui siapa pemilik kotak pos tersebut. A dan orang-orang lewat tersebut hanya dapat melihat saja namun tidak bisa mengambilnya karena membutuhkan password. Password ini hanya diketahui oleh tuan C. Kecuali jika tuan C memberitahukan password tersebut kepada orang lain.

    Jadi berdasarkan ilustrasi diatas, dapat disimpulkan bahwa password adalah sandi yang dapat diketahui dan digunakan oleh pemilik akun saja kecuali pemilik akun menghendaki untuk membaginya dengan orang lain yang nantinya juga dapat mengakses akun bitcoin tersebut.

    Keamanan password bitcoin

    Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa password bitcoin menjadi satu-satunya kunci yang dapat digunakan untuk mengakses akun bitcoin. Anggap saja password ini berupa deretan angka yang ditulis di secarik kertas dan anda simpan di dalam dompet. Namun menyimpan password di dalam dompet tentunya bukan cara yang aman. Anda bisa juga menyimpan dalam brangkas rumah, namun bisa saja seseorang mencurinya. Anda membutuhkan brangkas atau tempat penyimpanan yang lebih aman menyimpan password tersebut.

    Itulah yang mendasari beberapa perusahaan menyediakan layanan untuk menyimpan password bitcoin agar lebih aman. Biasanya perusahaan ini akan menggunakan akses sidik jari atau retina mata sebelum mengakses penyimpanan password tersebut sehingga tidak semua orang dapat melakukannya.

    Cara ini merupakan cara yang aman untuk menyimpan password bitcoin anda, namun sebaiknya anda mencari perusahaan penyimpanan yang memang terpercaya. Saat ini banyak perusahaan yang dapat menyimpan password bitcoin yang juga menjadi salah satu kesempatan bagi mereka yang ingin menyalahgunakan kesempatan. Jadi sebaiknya sebelum anda mempercayakan password bitcoin wallet anda kepada orang lain, teliti terlebih dahulu bagaimana kinerjanya.

    Tips menjaga password bitcoin

    Ketika anda mempercayakan penyimpanan kunci privat bitcoin yang anda miliki, anda tetap memiliki kebebasan penuh dalam mengakses aku bitcoin yang anda miliki. Perusahaan tempat anda menyimpan kunci privat hanya bertindak sebagai “bank”. Agar akun bitcoin anda yang disimpan dalam “bank” selalu aman, anda perlu memastikan beberapa hal.

    1. Pastikan akun email anda aman

    2. Pastikan akun media sosial yang terhubung dengan email yang anda miliki

    3. Gunakan password unik serta kuat pada semua akun online

    4. Aktifkan two-factor authentical
     

Share This Page



loading...
loading...