Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Rame-rame Uang Bitcoin, Begini Cara Kerjanya

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Feb 20, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    TEMPO.CO , Jakarta - Chief executive officer Bitcoin Indonesia, Oscar Darmawan, mengatakan sistem peredaran mata uang online bitcoin bekerja tanpa server. "Dalam peredaran Bitcoin, tidak ada server yang mengatur," kata Oscar beberapa waktu lalu saat berkunjung ke kantor Tempo.

    Oscar menjelaskan, pada dasarnya bitcoin merupakan e-money seperti halnya perfect money dan paypal. Namun, kedua mata uang tersebut beredar dengan server yang mengaturnya. Sedangkan dalam peredaran bitcoin, seluruh komputer pengguna merupakan server bitcoin.

    Komputer pengguna bitcoin yang telah diinstal perangkat lunak Satoshi Nakamoto (nama hacker pencetus bitcoin) diatur ke dalam jaringan internet dan saling berbagi database. Sehingga, setiap komputer pengguna bitcoin terlibat sebagai bagian dari server.

    Sistem kerja bitcoin berdasarkan software matematika. Dalam bitcoin dikenal sebutan miner (penambang), user, dancalculation software. Seperti halnya penambang emas, penambang bitcoin merupakan perusahaan atau perorangan yang mempunyai calculation software tersendiri yang terhubung dengan sistem server bitcoin. Nantinya, software itu akan mengeluarkan algoritma matematika.

    Software yang dimiliki oleh miner itu akan menebak angka dari algoritma matematika. Sistem yang tebakannya benar akan mendapat 50 BTC. "Ini bisa dibilang untung-untungan," kata Oscar.

    Sedangkan user (pengguna) merupakan para exchangerseperti Bitcoin Indonesia atau perorangan yang berinvestasi dengan bitcoin. Misal, seseorang berinvestasi dengan bitcoin sebanyak Rp 1 juta. Maka program akan otomatis menghitung transaksi yang keluar yakni 0,107 BTC. Angka tersebut karena saat ini transaksi bitcoin lebih banyak pada besaran 0,001 dan 1 BTC sudah dianggap terlalu besar. Sedangkan syarat mata uang bisa digunakan untuk pembelian dengan nilai terkecil sekalipun. (Tempo.com)
     

Share This Page



loading...
loading...