Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Pro dan Kontra mengenai Bitcoin dari sisi Pelaku Usaha

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by Fulus.com, Feb 14, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. Fulus.com

    Fulus.com Administrator Staff Member

    Pro & Kontra Bitcoin dari sisi Pelaku Usaha

    Bitcoin mulai diperkenalkan di digital - tunes.net pada awal tahun 2013 , dan sejauh ini telah menjadi hal yang sangat positif. Saat ini Bitcoin menjadi penyedia alat pembayaran ketiga dengan pendapatan terbesar , setelah kartu kredit dan Paypal , dan berada di urutan depan sebelum ClickandBuy dan Skrill (MoneyBookers) .

    Selama enam bulan terakhir , 2 % dari transaksi penjualan dilakukan melalui bitcoin , dan pada bulan berikutnya mengalami kenaikan sebanyak 4 % dari total penjualan .

    Pada awal tahun 2013 , dan masih sampai batas tertentu saat ini , persepsi umum yang beredar adalah bahwa orang-orang hanya menggunakan Bitcoins untuk membeli obat secara online .

    Kami menemukan bahwa hal ini jelas jauh berbeda dari kenyataan yang ada dimana komunitas pengguna Bitcoin dari seluruh dunia ingin melakukan perdagangan Bitcoins mereka untuk semua hal.

    Selama tahun lalu , kami telah menemukan beberapa pro dan kontra pembayaran melalui bitcoin . Jika anda sedang menjalankan bisnis dan mempertimbankan untuk menerima pembayaran melalui bitcoin, kami berharap anda bisa mempelajarinya melalui artikel ini.

    Keunggulan dari Bitcoin

    Tidak ada Kecurangan

    Kelebihan bitcoin adalah tidak ada penipuan atau kecurangan yang terjadi didalamnya: karena sifat dari bitcoin , semua transaksi adalah tidak bisa diubah .

    Hal ini merupakan nilai positif untuk Bitcoin , karena hal tersebut berarti tanggung jawab untuk memerangi penipuan tidak ditanggung oleh pedagang , melainkan terletak pada dompet bitcoin - yang merupakan bank itu sendiri .

    Biaya Transaksi Yang Cukup Rendah

    Biaya transaksi merupakan point yang cukup penting ketika kita melakukan transaksi melalui alat pembayaran , terutama ketika kita melakukan transaksi dalam nominal yang kecil , sering kali terdapat biaya minimum di alat pembayaran tersebut .

    Sebagai contoh misalnya, anda melakukan pembelian lagu seharga € 1,49 . Paypal akan memberikan beban biaya kepada anda sebesar 3,4 % , ditambah biaya 35 sen untuk setiap transaksi . Jadi , dalam hal ini , Paypal akan mendapatkan 40 sen dari transaksi ini : biaya 27 % .

    Dalam hal ini Bitcoin di digital - tunes.net hanya mengenakan biaya tambahan kurang lebih sebesar 35 sen

    Dengan adanya bitcoin , biaya transaksi seluruhnya menjadi opsional . Aturan Bitcoin memungkinkan Anda untuk mengatur biaya transaksi menjadi nol jika Anda menginginkan hal tersebut , namun hal ini kemungkinan akan membutuhkan proses yang sedikit lama.

    Ide di balik biaya transaksi bitcoin adalah bahwa komputer yang menjalankan program (didistribusikan seluruhnya ) menjaga biaya transaksi dengan transaksi mereka telah berhasil diproses .

    Hal ini sangat mungkin terjadi bahwa , di masa depan, kita akan melihat biaya tersebut ditentukan oleh pasar , dan jika Anda ingin transaksi Anda diproses secepat mungkin , maka Anda harus membayar premi lebih.

    Dalam prakteknya, kebanyakan pedagang akan lebih berhati – hati untuk menggunakan prosesor pembayaran bitcoin , karena sifatnya yang ireversibel atau tidak bisa diubah, Anda perlu memastikan keamanan transaksi Anda. Dengan bitcoin , pencuri bisa masuk ke account anda, mencuri setiap bitcoin yang ada, dan bahkan jika Anda tahu siapa yang melakukannya dan di mana uang itu berada, Anda mungkin tidak akan pernah mendapatkannya kembali.

    Untuk memproses pembayaran bitcoin , digunakan alat BitPay , yang mengambil biaya transaksi secara flat sebesar 1 % ( atau 0 % , jika Anda memilih opsi biaya $ 30/bulan ) .

    Pengaturan yang cukup Mudah

    Jika Anda menggunakan prosesor pembayaran bitcoin seperti Blockchain atau BitPay , hanya memerlukan waktu satu hari . Bahkan ada layanan seperti Shopify yang memiliki integrasi bitcoin didalamnya .


    Beberapa Hal buruk dari Bitcoin

    Volatilitas Harga

    Mungkin masalah terbesar dari bitcoin adalah sifatnya yang volatile terhadap mata uang konvensional seperti dolar atau euro .

    Dan menurut riset harga di sebuah toko terhadap mata uang euro , dan nilai bitcoin dihitung dari nilai tukar saat ini . Ini berarti bahwa , jika seseorang menghabiskan setara dengan 100 euro di bitcoin di toko tesebut, maka nilai Bitcoin akan berkurang setengah nya sebelum kita mengubahnya ke euro atau setara dengan kita kehilangan 50 euro.

    Namun, BitPay menyediakan solusi sederhana untuk masalah ini . Jika Anda memilih untuk menerima semua pembayaran dalam mata uang konvensional pilihan Anda , seperti euro , maka BitPay langsung akan mengkonversi pembayaran untuk euro pada saat anda melakukan transaksi .

    Dan pada akhirnya, Anda akan selalu menerima euro dengan jumlah yang tepat (minus biaya ). Hal ini memungkinkan untuk benar-benar menghapus risiko volatilitas untuk pedagang yang menerima pembayaran bitcoin .

    Meskipun cukup mudah untuk menghilangkan risiko volatilitas untuk pedagang , namun kita juga harus berpikir tentang bagaimana volatilitas tersebut bisa mempengaruhi perilaku pembelian pedagang.

    Satu kesimpulan yang salah adalah bahwa , ketika nilai bitcoin meningkat , orang akan lebih cenderung untuk berpegang pada koin mereka daripada menghabiskannya . Hal Ini akan menimbulkan penimbunan bitcoin yang jelas bisa mempengaruhi penjualan , setidaknya dalam jangka pendek .

    Menurut data penjualan untuk bitcoin , cukup jelas bahwa volatilitas tidak berdampak pada perilaku pembeli .

    Ketika bitcoin mengalami kenaikan nilai secara drastis , tidak ada satupun pedagang yang ingin menghabiskan uang mereka . Hal ini masuk akal : mengapa Anda berbelanja hari ini , kalau besok Anda bisa mendapatkan diskon 10 % ? Namun, setelah adanya lonjakan ini , kita sering melihat lonjakan transaksi bitcoin : mungkin karena orang tiba-tiba memiliki uang lebih untuk bermain dengan bitcoin ini.

    KESIMPULANNYA
    Pada digital - tunes.net , kami sangat senang dengan pengalaman kami yang menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran . Hal ini karena sangat sederhana , biaya transaksi yang rendah dan selain itu tidak adaya resiko penipuan di dalamnya.

    Volatilitas jelas merupakan masalah terbesar saat ini , tapi kami yakin bahwa semakin bitcoin berkembang , maka volatilitas akan berkurang.

    Dan pada kenyataannya adalah para bitcoiners tidak hanya sekelompok kutu buku yang ingin membeli obat secara online - di luar sana mereka adalah masyarakat internasional yang telah menyadari keuntungan dari uang jenis baru ini , yang mana terus mengalami perkembangan dari hari ke hari .
     
  2. v3ctr4

    v3ctr4 New Member

    Sudut pandang saya pribadi :

    Untuk yang business worldwide, biaya transaksi cukup murah apabila dibandingkan dengan metode lain :

    1. TT bank : $30/transaksi
    2. Paypal : 3% ( kalau tidak salah)
    3. remitansi including western union +/- 3%

    Menurut saya yang membuat menarik pada saat ini adalah publisitas jika suatu bisnis menerima Bitcoin.

    sebagai contoh overstock, Overstock di beritakan secara masif di berbagai media karena menerima Bitcoin sebagai pembayaran.

    Coba misal Bhineka.com atau lazada.co.id menerima pembayaran dlm bentuk BTC atau LTC saya yakin dalam waktu dekat akan mendapat publisitas yang masif ( jika tidak bertentangan dengan UU di Indonesia.)
     

Share This Page



loading...
loading...