Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Pentingkah Fintech Untuk Kemajuan Bitcoin?

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Apr 4, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Saat ini bidang ekonomi dan pendanaan semakin meningkat. Jika dulu orang harus bertemu ketika akan melakukan transaksi dalam ekonomi yang tentunya memakan waktu dan tenaga, saat ini semuanya hampir dapat dilakukan hanya dengan sekali click pada gadget anda. Mengecek deposito, bertransaksi online, transaksi secara online dan transfer hanya butuh beberapa detik sudah dapat dilakukan.

    Hal ini tentu tidak terlepas dengan adanya kemajuan teknologi dalam bidang ekonomi yang sering disebut dengan Fintech (financial tecnology). Fintech sangat populer dikalangan mereka yang aktif dalam bidang teknologi. Beberapa perusahaan start up juga menggunakan Fintech ketika melakukan transaksi yang berhubungan dengan keuangan. Jadi, dapat disimpulkan Fintech merupakan gabungan antara teknologi dan sistem keuangan.

    [​IMG]

    Seputar Fintech

    Fintech didefinisikan sebagai istilah yang digunakan untuk menyebutkan inovasi dalam bidang jasa keuangan yang diberi sentuhan teknologi modern oleh National Digital Research Centre. Jadi, Fintech ini menjadi metode pembayaran seperti transfer dana, pengumpulan dan pinjaman hingga pengelolaan aset yang dipercepat melalui teknologi. Hal ini yang kemudian mengubah gaya hidup seseorang berkecimpung dalam dunia teknologi dan keuangan.

    Salah satu alasan mengapa Fintech banyak digunakan adalah manfaat yang telah dirasakan oleh para penggunanya. Adapun manfaat tersebut antara lain:

    · Fintech bagi perusahaan start-up

    Saat ini banyak perusahaan start-up yang menciptakan inovasi produk di bidang fintech, salah satunya adalah Moneythor. Moneythor membuat produk baru yang akan memberikan pengalaman dalam bidang digital banking yang memiliki analisis lebih rinci dan mendetail. Perusahaan seperti ini biasanya mulai dirintis di Singapura dengan target pasar seluruh Asia.

    · Fintech bagi taraf hidup

    Alasan utama perusahaan start up menciptakan Fintech adalah untuk memperoleh keuntungan yang besar. Kendati demikian, seiring berjalannya waktu keberadaan fIntech ini ternyata semakin banyak dirasakan di lain bidang. Salah satunya adalah ketika Fintech dirasa dapat meningkatkan taraf hidup serta daya beli masyarakat. Hal ini terlihat misalnya ketika ada sebuah perusahaan start up yang membuat inovasi dengan menciptakan merchant yang menerima sistem pembayaran dengan kartu debit dan kartu kredit dengan biaya rendah. Pada wilayah Asia tenggara, Fintech digadang-gadang memiliki peran penting dalam pengentasan kemiskinan hingga 600 juta jiwa lebih.

    · Fintech mengurangi pinjaman berbunga tinggi

    Masyarakat tentu sangat dirugikan ketika ada pihak yang menawaran jasa pinjaman namun kemudian membebankan bunga yang tinggi pada akhirnya. Fintech menjawab keinginan mereka untuk mendapatkan pinjaman yang lebih transparan dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Manfaat dari Fintech sangat terasa ketika masyarakat membutuhkan pinjaman dana.

    Fintech bagi bitcoin

    Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa Fintech merupakan inovasi dalam jasa keuangan yang diberikan sentuhan teknologi modern. Konsep ini sepertinya sangat sesuai dengan konsep bitcoin yang selama ini kita ketahui. Bitcoin merupakan inovasi dari bidang finansial yang dibuat menggunakan sentuhan teknologi modern.

    Keberhasilan dari kegiatan dan transaksi seputar bitcoin sangat dipengaruhi oleh fintech. Bayangkan saja jika kita akan melakukan mining namun teknologi yang kita gunakan tidak memadai, maka bisa jadi mining yang kita lakukan akan gagal sehingga yang kita dapatkan adalah kerugian.

    Apalagi bisa dikatakan bahwa bitcoin merupakan inovasi finansial yang sangat bergantung dengan teknologi. Hal ini terlihat pada bitcoin wallet. Bitcoin wallet disimpan dalam server penyimpanan dan hanya bisa diakses oleh pengguna yang mengetahui passwordnya. Agar lebih aman, ada perusahaan start up yang menyediakan jasa untuk penyimpanan bitcoin wallet sehingga lebih aman. Pengguna akun bitcoin bisa mengakses bitcoin wallet yang dimiliki namun juga tetap terjaga keamanannya. Perusahaan penyimpanan bitcoin wallet inilah yang memanfaatkan Fintech.
     

Share This Page



loading...
loading...