Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Pasar Bitcoin Terbesar Tutup, Kerugian Diprediksi Rp 3 Triliun

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Feb 27, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    MedanBisnis - Washington. Komunitas Bitcoin langsung gonjang-ganjing setelah salah satu pasar tukar terbesarnya tiba-tiba menghilang. Nilai tukar mata uang digital atau cryptocurrency itu langsung anjlok dalam waktu singkat.
    Berdasarkan data Winkdex Bitcoin, nilai mata uang yang di beberapa negara dianggap ilegal itu anjlok hingga US$ 100 menjadi US$ 517 per bit.

    Selama ini pergerakan nilai tukar Bitcoin memang sangat fluktuatif. Akhir tahun lalu saja nilainya masih di US$ 1.000, kurang dari dua bulan sudah berkurang setenganya.

    Ditutupnya situs jual-beli Bitcoin terbesar di dunia MtGox merupakan pukulan telak bagi komunitas Bitcoin, yang selama ini selalu menganggap mata uang digital itu aman dan bisa memberikan keuntungan sangat tinggi.

    "Ini merupakan sebuah kemunduran bagi komunitas Bitcoin," kata Ahli Manajemen dan Risiko Pasar Keuangan dari Universitas Boston, Mark Williams, yang selama ini sudah memberi peringatan akan bahaya Bitcoin seperti dikutip dari AFP, Rabu (26/2).

    "Ini menunjukkan rapuhnya sistem mereka. Peraturan yang mereka buat sendiri ternyata tidak berjalan dengan baik. Jika ada uang yang sangat banyak di satu tempat, ada potensi untuk penggelapan dan di kasus ini 100% dana konsumen tidak dilindungi sama sekali," katanya.

    Dengan ditutupnya MtGox diperkirakan kerugian konsumen yang bertransaksi di tempat tersebut mencapai US$ 300 juta atau sekitar Rp 3 triliun. (medanbisnisdaily.com)
     

Share This Page



loading...
loading...