Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Mengenal Skema Ponzi Dalam Bitcoin

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Oct 18, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Skema Ponzi/Piramida pertama kali di cetuskan oleh Charles Ponzi dimana pada tahun 1920 sangat terkenal. Skema Ponzi merupakan sebuah piramida transaksi untuk menggaet investor baru untuk melakukan investasi atas modalnya dan dijanjikan akan mendapatkan keuntungan. Namun dalam praktiknya skema ini justru akan merugikan investor baru yang berinvestasi, dikarenakan sistem keuntungan yang didapat investor lama diperoleh dari investasi yang ditanam oleh investor baru sehingga investor baru harus mendapatkan seorang investor lain lagi untuk mendapatkan keuntungan. Skema ini berjalan begitu seterusnya hampir mirip dengan MLM.

    Investasi dalam skema ini merupakan investai yang berkesinambungan, sehingga promotor harus giat untuk mendapatkan investor baru demi mendapatkan keuntungan yang lebih besar. jika melambat skema ini juga tidak akan baik, karena promotor tidak mendapatkan investor baru yang berarti tidak mendapatkan keuntungan sedangkan investor baru terus menuntut atas keuntungan yang akan diperoleh. Hal yang ditakutkan dalam skema ini adalah jika seorang promotor sudah mendapatkan keuntungan yang diinginkan, akan menghilang dan mengambil sisa uang yang diinvestasikan, secara otomatis investor baru akan sangat dirugikan atas kejadian ini.

    [​IMG]

    Bitcoin merupakan mata uang virtual yang tersedia di dunia digital, dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang bernama samaran Satoshi Nakamoto. Bitcoin diciptakan dengan proses yang dinamakan “mining”, dengan cara menguraikan block baru Bitcoin. Ketika mempunyai Bitcoin diharapkan untuk mem-backup data ke beberapa device guna meminimalisir resiko yang terjadi jika sewaktu-waktu PC, Laptop, atau Smartphone mengalami kerusakan.

    Bagaimana caranya memulai transaksi Bitcoin? Pertama-tama kita harus terkoneksi dengan internet dan mempunyai Bitcoin Wallet. Caranya cukup mudah jika kita ingin mentransfer bitcoin, yaitu pertama kita harus menginstall Bitcoin Wallet melalui PC, Laptop atau Smartphone, lalu kita akan mendapatkan Bitcoin AddrEes, untuk proses transfer cukup mengisi Bitcoin Addres yang akan ditransfer dan memasukkan nominal Bitcoin yang akan di transfer, kemudian kirim. Transaksi Bitcoin ini tidak di kontrol oleh lembaga atau pemerintah, namun sangat terbuka oleh umum karena seluruh transaksinya bersifat live dan transparan ke jutaan server, sehingga jika seseorang ingin meretas Bitcoin harus meretas jutaan server yang tersambung tersebut.

    Bagaimana Membeli Bitcoin? Untuk Membeli Bitcoin sangatlah mudah, cukup kita membeli di exchanger-exchanger seperti bitcoin.co.id dan btcchina.com.

    Transaksi transfer-mentransfer bitcoin terjadi di dunia maya tanpa adanya lembaga atau pemerintah yang bertanggung jawab atas transaksi itu, sehingga kita harus lebih berhati hati karena resiko kerugian atau salah investasi akan berimbas pada kita sendiri. Skema Ponzi dalam Bitcoin memang sangat besar kemungkinannya melihat investasi Bitcoin terjadi di dunia maya tanpa adanya tatap muka sang promotor dan investor maka dari itu kita harus pandai dalam memilah investasi.

    Bagaimanakah caranya kita mengetahui ciri-ciri skema ponzi dalam investasi?

    1. Iming-iming mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat.

    2. Produk investasi tidak jelas.

    3. Keuntungan di awal besar dan macet kemudian

    4. Tidak dibawah pengawasan OJK

    5. Penjamuan investor baru dengan acara dan tempat yang mewah

    Penjelasan-penjelasan diatas memberikan penggambaran bagi kita ketika akan melakukan investasi, terutama investasi yang berbasis online seperti Bitcoin. Perlu kita cermati dan verifikasi investasi yang ditawarkan, jangan hanya melihat kemudahan mendapatkan keuntungan dengan cepat menjadikan kita terjerumus dalam investasi model skema ponzi.
     

Share This Page



loading...
loading...