Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Ingat Cryptocurrency Tidak Mungkin Diretas Namun Platform Bursa Uang Virtual Mungkin Saja

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Aug 13, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Pergolakan perdagangan cryptocurrency sudah tidak bisa dibendung lagi. Biarpun pemerintah Indonesia khususnya BI tidak merestui namun tingginya permintaan akan uang digital ini membuatnya tetap laris di tanah air. Keunggulan dari uang digital yang sedang ngetren ini ialah kecepatan transaksi dan keamanan tingkat tinggi yang sulit untuk ditembus. Pasalnya uang digital tak memiliki bentuk fisik seperti uang moneter. Alhasil tindak pemalsuan akan uang jenis ini tidak mungkin terjadi. Selain itu saat ini sudah banyak merchant yang tertarik menerima uang digital sebagai salah satu alat pembayarannya. Kelebihan lainnya dilihat dari sisi teknologi maka sulit untuk meretas uang digital. Segala pencatatan yang terjadi menggunakan uang digital ini telah dicatat sendiri oleh sistem mereka.
    [​IMG]

    Peretasan Cryptocurrency

    Tak heran banyak pula pelaku tindak criminal memanfaatkan uang digital sebagai salah satu uang tebusan. Beberapa waktu lalu mungkin anda sering mendengar kasus peretasan terhadap uang digital. Kasus peretasan kebanyakan berasal dari exchangernya bukan dari teknologi uang digital tersebut. seperti dikatakan sebelumnya bahwa sistem teknologi yang dipakai oleh uang digital berdiri sendiri tanpa ada campur tangan pihak ketiga. Untuk menambangnya saja butuh kemampuan tingkat dewa dalam hal komputasi apalagi sistem keuangannya.

    Teknologi blockchain yang dipakai untuk pencatatan transaksi dapat menyajikan laporan secara mendetail. Selain itu transaksinya juga dikenakan biaya lebih murah ketimbang memakai jasa bank. Kebanyakan kasus peretasan yang terjadi bukanlah kesalahan dari sistem dari uang digital melainkan exchanger atau perusahaan penyediaan jual beli uang digital tersebut.

    Kasus CoinCheck, Kerugian Hingga 1 Triliun Rupiah

    Kasus peretasan yang baru terjadi ialah dialami oleh Coincheck. Coincheck merupakan bursa pertukaran uang digital terbesar yang ada di Jepang. Uang digital yang berhasil dicuri oleh pihak hacker dari platform ini ialah NEM. NEM merupakan salah satu uang digital yang dirilis baru saja dan masih kurang populer. Sekiranya ada 260.000 nasabah coincheck yang dirugikan dari peretasan ini. Tak hanya itu saja harga NEM juga merosot hingga 20% selama akhir pekan pasca pencurian. Alhasil coincheck merugi hingga 1 triliun rupiah untuk mengembalikan dana investor.

    Coinrail Juga Pernah Teretas

    Tak hanya platform jepang saja namun juga dari Korea Selatan. Platform Coinrail juga sempat diretas pada tahun ini dan mengalami kerugian 37,28 juta dollar AS. Setelah dilakukan pencurian maka sekitar 30% transaksi koin virtual lenyap begitu saja di pasaran. Padahal aktivitas perdagangan cryptocurrency belumlah banyak di negeri ginseng tak sebanding dengan Jepang. Alhasil peretasan ini juga membuat harga uang virtual ikut jatuh seperti pada bitcoin. kala itu nilai per koin bitcoin dihargai 6.000 dollar AS turun dari harganya sebelum peretasan yakni senilai 6.500 dolar AS.

    Rumor Peretasan Juga Memicu Anjloknya Harga Uang Digital

    Biarpun kesalahan peretasan terdapat pada pihak exchanger dalam sistem keamanannya namun tetap saja hal ini membuat pasar sejenak gempar. Beberapa waktu lalu bahkan terdapat rumor peretasan terhadap bitcoin binance. Bitcoin binance merupakan salah satu pusat pertukaran uang digital di Amerika Serikat. Walau hanya sebuah rumor namun nilai bitcoin juga ikutan anjlok. Pada tanggal 9 Maret 2018 misalnya harga bitcoin masih dihargai 10.600 dollar AS namun setelah rumor tersebar harga bitcoin turun menjadi 9.500 dollar AS per kepingnya.

    Bagi anda pemilik uang digital ketika insiden peretasan terjadi janganlah panic. Pilihlah platform bursa pertukaran cryptocurrency yang memiliki reputasi baik sehingga ada penggantian dana jika peretasan benar terjadi.
     

Share This Page



loading...
loading...