Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bukan Tanpa Cacat, Ini Dia Kelemahan Bitcoin Yang Wajib Anda Tahu

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Oct 7, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Beberapa waktu belakangan ini bitcoin telah menyita perhatian public. Hal ini dikarenakan nilai dari 1 BTC bisa mencapai $1.200 yang mengalahkan harga emas pada tahun 2017. Padahal sejak diperkenalkan oleh Satoshi Nakamoto pada tahun 2009 harganya hanya $13 per 1 BTC per Januari 2013. Bagi anda yang membeli bitcoin pada tahun tersebut dan menyimpannya hingga sekarang tentu akan menjadi miliader. Bitcoin juga bebas dari campur tangan pemerintah sehingga tidak terpengaruh dengan inflasi. Tak heran banyak yang beranggapan bahwa bitcoin merupakan investasi masa depan yang layak anda perjuangkan. Biarpun begitu bitcoin bukanlah tanpa celah terdapat beberapa kelemahannya yang perlu anda ketahui berikut ini:
    [​IMG]

    Money Laundry

    Tidak adanya campur tangan pemerintah terhadap uang virtual ini tentu rawan terkena money laundry. Beberapa orang bisa menggunakannya untuk menyembunyikan harta demi menghindari pajak. Hal ini juga disetujui oleh China yang melarang bank – bank China untuk menerima bitcoin. Beberapa uang digital seperti Monero bahkan bisa digunakan atas nama anonym sehingga sulit untuk dilacak penggunaanya.

    Bitcoin Berdiri Sendiri

    Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa bitcoin bukanlah uang yang dimiliki oleh negara manapun. Dampaknya tidak ada satu negarapun yang menjamin mata uang ini. Beberapa negara memang melegalkannya namun aturannya bisa saja berubah sewaktu – waktu. Dampaknya jika terjadi sesuatu atas kegagalan transaksi atau hilangnya uang dalam dompet bitcoin anda tak ada lembaga penjamin simpanan yang bertanggung jawab atas hal tersebut. di Indonesia sendiri bank Indonesia juga tidak menjami segala transaksi yang menggunakan uang digital ini.

    Cybercrime

    Banyak orang yang mengatakan bahwa bitcoin aman dari segi tindak criminal. Pendapat ini tidaklah sepenuhnya benar. Bitcoin juga bisa saja terkena malware yang menyebabkan bitcoin anda menghilang atau terkena serangan cybercrime. Bisa saja dompet bitcoin anda diretas oleh hacker sehingga peningkatan blockchain selalu ditingkatkan dari pihak bitcoin untuk mengurangi resiko ini.

    Tidak Stabil

    Nilai bitcoin didasarkan spekulatif sehingga nilainya bisa saja berfluktuasi. Jika saat ini harganya naik dan jauh tertinggal saat diperdagangkan pada tahun 2013 lalu namun ada kemungkinan pula harga bitcoin anjlok. Terlebih beberapa waktu lalu terdapat isu yang mengatakan negara – negara yang semula melegalkan bitcoin tiba – tiba melarang uang digital ini untuk digunakan di negara tersebut. Salah satu negara tersebut ialah China yang merupakan negara dengan pengguna bitcoin terbesar setelah Jepang.

    ATM Bitcoin Yang Masih Sedikit

    Biarpun dikatakan bahwa bitcoin sudah mendunia namun jumlah ATM bitcoin masih sangat sedikit dibanding ATM uang moneter. Di Indonesia sendiri saja jumlah ATM bitcoin hanya sekitar 3 buah yang ada di lokasi berikut ini :

    1. ATM bitcoin di Jalan Monkey Forest 88X, Gianyar Bali
    2. ATM bitcoin di jalan Legian Kaja No.455, Kuta Bali
    3. ATM bitcoin di LTC Glodok , Ground floor 1 Blok B2 no 2 Jakarta
    Tidak semua merchant juga menerima bitcoin sebagai alat pembayaran dan kemungkinan kegagalan transaksi juga bisa terjadi. Di Indonesia sendiri transaksi bitcoin juga masih jarang walaupun penggunanya dikatakan meningkat setiap tahunnya. Umumnya transaksi bitcoin digunakan untuk transaksi di luar negeri.

    Walaupun bitcoin memiliki kelemahan diatas namun kelebihannya juga tidak bisa dikesampingkan begitu saja. Bitcoin merupakan salah satu terobosan dalam bidang keuangan yang mampu mengurangi penggunaan uang tunai. Bitcoin juga mengedepankan kecepatan dan biaya transfer yang lebih murah ketimbang menggunakan bank – bank konvensional pada umumnya.
     
  2. ugetugetcom

    ugetugetcom New Member

Share This Page



loading...
loading...