Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bitcoin sebenarnya memiliki nilai yang berharga, ini alasannya

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by Fulus.com, Jan 19, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. Fulus.com

    Fulus.com Administrator Staff Member

    Harga Bitcoin telah berada di perjalanan yang liar sejak awal. Menurut situs industri CoinDesk, di tahun 2017, bitcoin terlihat memiliki keuntungan yang besar, memulai tahun di bawah $1.000 dan, pada puncaknya, memecahkan $19.000.

    Pada hari Selasa, bitcoin diperdagangkan di $11.943, menurun 12 persen, menurut CoinDesk.

    Seiring dengan meningkatnya popularitas bitcoin dan kenaikan harga dan penurunannya, semakin banyak orang mengajukan pertanyaan yang sama: Bagaimana bitcoin, sesuatu yang pada dasarnya tidak terlihat dan tidak berwujud, memiliki nilai?

    Kelangkaan dan kegunaan

    Dalam bidang ekonomi, ada sesuatu yang berharga jika memeriksa dua faktor berikut: kelangkaan dan kegunaan. Kelangkaan hanya berarti ada sesuatu yang terbatas. Dalam kasus bitcoin, cryptocurrency memiliki set top 21 juta bitcoin.

    Banyak analis mencatat bahwa set top ini membuat bitcoin lebih banyak diminati daripada aset lainnya, bahkan emas. Hal itu dikarenakan tidak seperti emas, tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan Gold Rush digital. Sebuah harta karun dari bitcoin tidak akan pernah "ditemukan," menyebabkan harga kripto jatuh dengan arus pasokan.

    "Ada jutaan kali potensi emas yang lebih banyak dari sebenarnya yang telah diekstraksi," kata Tom Lee, kepala penelitian Fundstrat Global Advisors. Lee adalah kepala strategi ekuitas di J.P. Morgan sebelum mendirikan Fundstrat pada tahun 2014.

    Ben Yu, ahli blokir yang tinggal di San Francisco, mengatakan bahwa kemajuan teknologi juga membuat emas lebih mudah untuk ditambang.

    "Hari ini kita menambang emas dengan tingkat empat kali lipat dari yang kita lakukan 100 tahun yang lalu," kata Yu.

    Jadi jika bitcoin memiliki kelangkaan, bagaimana dengan kegunaannya?

    Banyak yang mempercayai bahwa kegunaan cryptocurrency terletak pada potensinya untuk menjadi komoditas yang lebih efisien daripada yang sudah kita miliki. Pendukung bitcoin menyukainya karena sejumlah alasan.

    Pertama, bitcoin terdesentralisasi, artinya tidak ada pemerintah, bank atau satu orang yang memiliki kendali atas hal itu; Tidak bisa digulingkan oleh korupsi. Ini juga terbagi dengan sepele, artinya Anda bisa membeli barang kecil seperti donat dengan semudah Anda bisa membeli rumah atau bahkan mansion. Dan akhirnya, kode yang ada di dalamnya adalah open source, artinya tersedia bagi siapa saja untuk dilihat, diteliti, dan bahkan dimodifikasi. Ini berarti bitcoin terus berkembang dan membaik.

    Tak satu pun dari penggunaan tersebut bersifat intrinsik. Dan itulah titik skeptis bitcoin yang sering dibuat. Emas, misalnya, diperkirakan memiliki nilai intrinsik karena aplikasinya di industri seperti kedokteran gigi dan elektronik. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa tagihan dolar memiliki nilai intrinsik, karena bisa digunakan sebagai kayu bakar atau untuk ditulis.

    Tapi saat Anda memecahkan salah satu dari klaim tersebut, menjadi jelas bahwa emas dan uang kertas juga tidak memiliki nilai intrinsik.

    Menurut World Gold Council, pada 2016, hanya 15 persen emas yang digunakan di industri. Mayoritas pergi ke arah membuat perhiasan dan emas batangan dan koin, barang yang memiliki nilai terutama karena mereka dipercaya berharga.

    Dengan uang kertas, Federal Reserve mengatakan harganya sekitar 16 sen untuk membuat tagihan $100.

    Jadi sisanya dari seratus dolar, $ 99,84, berasal dari kepercayaan orang yang ada di dalamnya.

    Sulit untuk melihat mata uang digital memiliki nilai karena Anda tidak dapat menahannya di tangan Anda seperti Anda bisa membeli satu dolar atau emas.

    Sebagai solusi, Lee mengatakan untuk memikirkan bitcoin sebagai bisnis digital.

    "Jika Anda bertanya kepada seorang baby boomer, 'Bisakah Anda membenarkan nilai dari apa pun yang merupakan bisnis digital?' mereka mungkin tidak menerima bahwa Facebook, Google, Netflix, Amazon, Apple, ini adalah perusahaan terbesar di S & P 500 dan terutama bisnis digital yang dibangun hampir murni pada kepercayaan digital, "kata Lee.

    "Siapa pun yang menganggap emas digital bukanlah nilai toko yang menunjukkan fakta bahwa sebagian besar bisnis saat ini dibangun di seputar kepercayaan digital, termasuk sistem keuangan."

    Menilai Cryptocurrency

    Sudah jelas bahwa beberapa orang percaya bahwa bitcoin memiliki nilai. Dan jika memiliki nilai, sulit untuk tidak bertanya-tanya berapa banyak jumlah bitcoin sehingga bisa jadi bernilai.

    Ada dua teori utama yang digunakan untuk menghitung nilai potensial satu bitcoin.

    Yang pertama berteori bahwa bitcoin, yang beberapa orang menganggapnya sebagai aset yang lebih baik daripada emas, bisa menggantikan sebagian dari emas atau emas seluruhnya.

    Jika mengganti emas seluruhnya, satu bitcoin bisa bernilai $357.000. Itu dihitung dengan mengambil seluruh nilai emas yang pernah ditambang di dunia, yaitu sekitar $7,5 triliun, dan membagi jumlahnya sebanyak total 21 juta bitcoin yang pernah ada.

    Lee mengatakan kepada CNBC bahwa lebih realistis mengasumsikan bitcoin akan menggantikan 5 persen emas dalam lima tahun, membuat satu koin senilai $25.000.

    Teori Lee yang lain didasarkan pada hukum Metcalfe, yang mengatakan bahwa nilai sebuah jaringan sebanding dengan jumlah kuadrat pengguna di jaringan.

    Misalnya, satu telepon tidak ada gunanya karena Anda tidak bisa menghubungi orang lain dengan itu. Tapi nilainya meningkat secara eksponensial saat orang lain mendapatkan telepon.

    Studi telah menunjukkan bahwa hukum Metcalfe berlaku untuk Facebook yang menggunakan data selama 10 tahun. Hal ini juga berlaku bagi Tencent, perusahaan media sosial terbesar di China.

    Fundstrat melihat pengguna di jaringan bitcoin dan menemukan bahwa kuadrat dari nilai ini menjelaskan 94 persen variasi harga bitcoin sejak 2014.

    Banyak orang berpikir bahwa bitcoin adalah gelembung, dan itu diprediksi pada konsep bahwa bitcoin tidak memiliki nilai. Tapi ada alasan untuk percaya bahwa itu tidak benar.

    Menurut definisinya, bitcoin langka. Dan cryptocurrency mungkin memiliki keuntungan sebagai cara terbaik untuk menyimpan dan menukar kekayaan.
     

Share This Page



loading...
loading...