Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bitcoin Membantu Menyelundupkan LSD Senilai $100.000 Ke India

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Apr 25, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin Membantu Menyelundupkan LSD Senilai $100.000 Ke India -Baru-baru ini terjadi kasus terkait penggunaan bitcoin di India. India telah menangkap lima orang yang diduga menyelundupkan LSD menggunakan bitcoin. Dua orang diantaranya bahkan masih berstatus sebagai siswa. Penyelundupan LSD tersebut senilai tujuh juta rupee ($ 108.000). LSD tersebut diselundupkan dari Amerika ke India.

    Menurut publikasi berita lokal Times of India, kelompok ini beroperasi di Mumba. Mereka menggunakan kapal pengiriman dengan pembayaran menggunakan mata uang virtual. Pengiriman obat ini juga menggunakan jasa kurir. LSD memiliki ciri tidak berwarna dan tidak berbau. Hal ini membuatnya sulit untuk dideteksi. Sifat tersebut juga dimiliki oleh bitcoin. Sama seperti Bitcoin, bagaimanapun, kualitas pseudo-anonim yang tidak lagi cocok untuk pelacak canggih.

    “Tim kami telah menerima informasi bahwa geng ini telah aktif terlibat dalam penyelundupan dan memasok LSD atau obat untuk beberapa orang lain termasuk selebriti," komentar inspektur polisi anti-narkotika Mumbai, Sunil Mane.

    Operasi ini terjadi pada minggu yang sama ketika pemerintah India menegaskan peringatan tentang mata uang virtual. Pada hari Selasa, Menteri Keuangan Negara, Arjun Ram Meghwal mengatakan bahwa aset seperti Bitcoin “sebagai subyek yang bisa digunakan untuk pelanggaran disengaja hukum anti pencucian uang dan pencegahan pendanaan terorisme.”

    [​IMG]

    Komentar dari menteri keuangan negara tersebut memicu reaksi berantai di media. Beberapa komentar menyatakan ketakutan bahwa bisnis bisa beroperasi secara ilegal. Menanggapi hal tersebut, pertukaran lokal Zebpay menyiapkan pernyataan khusus mengenai masalah ini. Pihak Zebpay mengatakan “percayalah Bitcoin tidak ilegal” di India. Pihak Zebpay kemudian menambahkan bahwa banyak teknologi baru yang membuat takut terutama kalangan regulator, hal ini karena karena tanggung jawab mereka untuk melindungi kita (warga negara). Mereka juga menyatakan hal yang sama terkait bitcoin dan menghargai perhatian yang tulus dari regulator dan politisi sebagai upaya perlindungan terhadap warga negara.

    Keraguan terhadap penggunaan bitcoin dan berbagai teknologi baru memang sudah sering terjadi. Bitcoin terutama merupakan sesuatu yang baru diciptakan, penggunaanya bahkan memiliki banyak perbedaan dengan mata uang fiat. Satu sisi bitcoin memberi banyak keuntungan karena bukan mata uang terpusat sehingga tidak ada satu pihak yang dapat mengendalikan mata uang ini. Sisi lainnya menyatakan ketakutan akan kelebihan bitcoin tersebut. Beberapa pihak bahkan merasa bitcoin dapat mudah digunakan pencucian uang atau pendanaan untuk teroris.

    Sebelum kasus penyelundupan ini terungkap, legalitas bitcoin dan mata uang virtual lainnya memang sedang dipertanyakan di India. Pernyataan Menteri Keuangan Negara India, Arjun Ram Meghwal dalam majelis tinggi parlemen telah menimbulkan kekhawatiran pada banyak pihak. Pernyataan tersebut membuat banyak pihak mempertanyakan mengenai legalitas mata uang virtual termasuk bitcoin serta keamanannya. Beberapa media India bahkan sempat memberi komentar negatif terkait bitcoin dan mata uang virtual lainnya. Keadaan ini tentu tidak menguntungkan bagi industri bitcoin serta pengguna bitcoin di India. Industri bitcoin di India pun akhirnya segera melakukan tindakan untuk mengatasi situasi tersebut. Petisi online bahkan telah dibuat di India. Petisi tersebut berisi manfaat blockchain sebagai teknologi dibalik bitcoin dan meminta pemerintah untuk mengumumkan ilegalitas mata uang virtual termasuk bitcoin. Petisi tersebut juga memuat desakan kepada pemerintah untuk tidak menghentikan teknologi melainkan menghentikan pengguna yang menyalahgunakan bitcoin.

    Mata uang virtual bitcoin memang dinyatakan legal pada banyak negara, bagaimana pun ketika tindakan kriminal terjadi dengan menggunakan bitcoin tentu kesalahan terletak pada pengguna dan bukan pada teknologinya.
     

Share This Page



loading...
loading...