Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bitcoin Lebih Baik Lo Daripada Emas, Setuju?

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Aug 29, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin lebih baik lo dari pada emas. Anda tentu pernah mendengar pernyataan seperti itu. Terutama bagi para penggunanya yang telah mengenal sifat Bitcoin. Dulu emas memang dianggap sebagai ukuran yang paling penting dari nilai aset nyata. Tidak heran bahwa saat ini masih banyak orang percaya bahwa investasi di emas jauh lebih aman daripada investasi lainnya.

    Namun, seiring semakin berkembangnya teknologi internet. Sekarang ini muncul subjek baru untuk investasi yang nilainya dan keamanannya lebih baik dibandingkan dengan emas. Investasi itu adalah investasi Bitcoin. Banyak orang sekarang ini mulai menganggap Bitcoin sebagai emas digital. Hal ini karena Bitcoin tidak memiliki bentuk fisik yang nyata seperti emas. Meskipun bentuknya berbeda namun Bitcoin dan emas memiliki banyak kesamaan dalam hal karakteristik seperti:

    [​IMG]

    1. Sama-sama terbatas

    Dalam hal ini diperlukan usaha yang sama untuk mendapatkan emas atau Bitcoin. Jadi emas dan bitcoin sama-sama ditambang bedanya emas ditambang di pertambangan dan Bitcoin ditambang dengan bantuan perhitungan komputer yang rumit. Oleh karena itu keduanya sama-sama dibatasi dalam hal jumlah. Seperti Bitcoin yang hanya ada 21 juta di seluruh dunia

    2. Keuniversalan

    Dari segi keuniversalan keduanya memiliki nilai yang umum di semua negara. Jadi jika anda melakukan transaksi anda tidak perlu mengubah Bitcoin ke mata uang lokal di masing-masing negara begitu juga dengan emas yang memiliki nilai terkenal

    3. Peningkatan nilai pada saat krisis dan inflasi

    Baik emas maupun Bitcoin akan mengalami peningkatan nilai pada saat krisis maupun inflasi.

    4. Pengoperasian di luar sistem perbankan

    Pemerintah tidak memiliki pengaruh langsung pada Bitcoin maupun emas. Jadi baik emas maupun Bitcoin tidak diciptakan oleh bank central atau pemerintah, melainkan oleh suatu pihak yang tidak diketahui identitasnya

    Meskipun emas maupun Bitcoin memiliki karakteristik yang hampir sama, namun tahukah anda jika Bitcoin bisa dibilang lebih baik lo daripada emas. Hal ini dibuktikan dengan sejumlah keuntungan yang hanya didapat bagi mereka yang menggunakan Bitcoin. Keuntungan tersebut antara lain:

    a. Tingkat pemalsuan yang rendah

    Meski jarang namun emas masih dapat dipalsukan, entah bagaimana caranya karena bentuknya yang nyata. Hal ini berbeda dengan Bitcoin yang tidak memiliki bentuk fisik yang nyata. Tentu akan sangat sulit untuk memalsukannya.

    b. Tidak perlu membawanya

    Kemanapun anda pergi anda tidak harus berpikir tentang bagaimana membawa Bitcoin dengan aman. Hal ini karena anda bisa menyimpannya ke dompet online BTC, selain itu anda bisa mengaksesnya dimana saja dan kapan saja dengan internet. Berbeda dengan emas saat membawa emas bisa dibilang cukup sulit apalagi jika dalam jumlah yang banyak. Selain berat anda akan menghadapi pembatasan pada jumlah emas yang diijinkan untuk dibawa. Selain itu, ada resiko pencurian yang cukup tinggi jika anda membawa emas kemana-mana

    c. Digunakan sebagai alat pembayaran

    Saat ini sudah banyak layanan yang dapat dibayar dengan menggunakan Bitcoin. Bahkan ,setiap tahun jumlahnya meningkat. Berbeda dengan emas yang tidak bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Dan kalaupun ada tentu sangat terbatas.

    d. Kenyamanan dan keamanan

    Dalam keadaan darurat anda bisa mengakses tabungan Bitcoin anda melalui internet dengan aman dan nyaman. Tanpa perlu repot-repot atau susah membawanya. Tidak seperti emas jika anda tidak membawanya anda tidak akan bisa menggunakannya.

    Dengan demikian, tentu kita dapat mengatakan dengan pasti bahwa Bitcoin adalah bentuk fungsional yang lebih canggih daripada emas. Selain itu Investasi di Bitcoin anda memiliki jaminan bahwa tabungan anda tidak akan hilang karena devaluasi. Nah dengan penjelasan di atas tentu bisa dibilang Bitcoin memang lebih baik daripada emas bukan, setuju?
     

Share This Page



loading...
loading...