Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Bitcoin Hadapi Serangan Regulator dan Peretas

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Feb 19, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    TEMPO.CO , New York - Setelah selama beberapa bulan terakhir mata uang digital Bitcoin mendulang euforia dan popularitas sehingga mendongkrak nilai perdagangannya, kini mata uang virtual itu dikelilingi banyak keraguan dan kekhawatiran seiring gempuran serangan dari regulator dan peretas (hacker).

    Seperti dilansir New York Times, 18 Februari 2014, ancaman paling fundamental yang dihadapi Bitcoin adalah kemampuan peranti lunak mata uang itu menghadapi serangan para peretas ketika transaksi pengiriman antar rekening digital dilakukan. Aksi para hacker telah mengakibatkan beberapa bursa perdagangan Bitcoin terbesar tutup pekan lalu. Kondisi itu memunculkan keraguan soal sistem keamanan jaringan yang dibangun Bitcoin. Sistem perangkat lunak Bitcoin terbukti rapuh dari serangan para peretas.

    Secara bersamaan, saat ini para regulator di beberapa negara sedang menyiapkan regulasi soal mata uang virtual yang akan mengancam keberadaan Bitcoin. Kondisi itu membuat Bitcoin sedang dalam masa krisis. Serangan-serangan terhadap Bitcoin itu telah mengakibatkan nilai perdagangannya semakin anjlok. Pada Jumat pekan lalu, Bitcoin diperdagangkan di level US$ 530 turun dari perdagangan Senin pekan lalu US$ 700. Nilai perdagangan akhir pekan lalu anjlok 56 persen dibandingkan pada Desember 2013 sebesar US$ 1.200.

    Inspektur Pertama Jasa Keuangan New York, Benjamin M Lawsky mengatakan saat ini dirinya sedang mengupayakan pembuatan regulasi soal mata uang virtual. Kerangka regulasi bagi perusahaan mata uang virtual di New York itu akan diajukan tahun ini. “Kami dalam posisi sulit menjawab banyak pertanyaan, namun mudah-mudahan pertanyaan soal mata uang virtual itu akan segera terjawab,” ujarnya.

    Senada Menteri Keuangan Kanada, Jim Flahety, mengumumkan rencananya membuat regulasi nasional soal mata uang digital. Di Rusia, Bitcoin sudah dikategorikan sebagai mata uang ilegal. Meski begitu, Bitcoin bukan tanpa pembela. Melalui Asosiasi Finansial Bitcoin, mereka melakukan petisi melawan petinggi Otoritas Jasa Keuangan New York, Lawsky. Petisi itu berjudul “Tolong Jangan Atur Bitcoin”, dengan alasan Bitcoin masih terlalu muda dan rentan untuk mampu bertahan dari ketatnya aturan regulasi. (Tempo.com)
     

Share This Page



loading...
loading...