Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Berkat Bitcoin Dua Dunia Ini Dibikin Gaduh

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Jan 8, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bitcoin memang selalu jadi buah bibir dikalangan netizen apalagi setelah harga per koinnya menyentuh USD 11.000. bagianda yang membeli bitcoin pada 2010 keatas serta masih memilikinya hari ini tentu menjual bitcoin sekarang akan memberikan anda berlipat – lipat keuntungan. Baru – baru ini bahkan diadakan survey untuk melihat Sentiment pasar terhadap bitcoin yang dilakukan oleh Bank of America Merril Lynch. Berdasarkan hasil survey ternyata kegaduhan harga bitcoin ini mampu menyita perhatian sebesar 32% responden. Pada bulan sebelumnya yakni September 2017 survei yang sama dilakukan dan perhatian responden terhadap bitcoin hanya sekitar 26 %. Ini artinya nilai bitcoin ternyata diperhatikan oleh pasar.

    Survey terbaru yang dilakukan oleh Bank of America Merril Lynch pada bulan Desember tepatnya di tanggal 8 – 14 memiliki responden yang tak sebarangan. Respondennya sendiri terdiri dari 172 manajer investasi yang jika digabungkan keseluruhan investasi mereka mampu menyentuh angka 480 miliar dolar AS. Bagaimana tidak geger dunia maya ataupun nyata dengan gemparnya harga bitcoin yang terus melaju naik seperti saat ini walau di Indonesia sendiri mata uang bitcoin belum diakui secara resmi.

    [​IMG]

    Bitcoin Di Dunia Maya

    Di dunia maya kepopuleran bitcoin tak perlu anda ragukan lagi. Beberapa waktu lalu bahkan harga bitcoin mampu melonjak hingga $17.000 per koinnya. Dengan bitcoin anda bisa membeli apapun secara online mlai dari pizza, asuransi, travel agent, pakaian hingga games bahkan microsoftpun menyediakan pembayaran berbasis uang virtual. Nilai bitcoin yang terus melonjak ini juga menarik perhatian CEO Facebook yang tidak lain ialah Mark Zuckennerg. Tidak hanya menarik kaum investor saja namun bitcoin juga kerap dijadikan tebusan untuk tindak kejahatan cyber crime. Beberapa mata uang virtual bahkan bisa bersifat anonym artinya anda tak bisa melacak identitas penggunanya. Tentu saja hal ini sangat bermanfaat bagi kaum teroris yang ingin menjaga kerahasiaan tindak tanduknya.

    Alasan lain kenapa bitcoin ini masih Berjaya di dunia maya ialah tidak terikat dengan institusi manapun. Ia juga memiliki database yang terintegrasi dengan node – node dari jaringan P2P ke jurnal transaksi. Ini artinya bitcoin mampu melakukan aktivitas pencatatan sendiri mulai dari pembelian dan penjualannya. Tingkat keamananya juga sangat tinggi sehingga tak mudah untuk diretas oleh hacker serta dibatasi sehingga tak mudah untuk dipalsukan dan terjadi penggelembungan.

    Bitcoin Di dunia Nyata

    Menurut James Faucette yakni analis dari Morgan Stanley menyatakan bahwa harga bitcoin di dunia nyata bisa saja hanya USD 0. Hal ini ditengarai karena merchant yang menerima bitcoin jumlahnya masih terbatas. Bitcoin juga tidak disahkan sebagai alat pembayaran dibeberapa negara seperti Indonesia. China yang sebelumnya dinobatkan sebagai negara dengan pengguna bitcoin terbanyak juga membatasi penggunaan bitcoin. Hal ini diakibatkan banyaknya penipuan yang terjadi di Tiongkok bermodus uang virtual. Faucette juga mengatakan bahwa bitcoin tidak memiliki nilai intrinsic karena bentuk fisiknya berupa data. Boleh jadi teknologi sudah berkembang namun masih banyak pula penduduk yang buta akan teknologi dan lebih memilih uang moneter yang kita pakai hingga kini.

    Tidak hanya James Faucette saja namun juga Jeremy Eng-Tuck Cheah dari Southampton Business School memiliki pendapat yang sama. Keterbatasan bitcoin membuat bitcoin sulit diterima untuk dijadikan uang universal. Biarpun begitu negara – negara maju seperti Jepang dan Amerika Serikat telah mengsahkan uang ini sebagai salah satu alat pembayaran yang setara dengan uang moneter mereka.
     

Share This Page



loading...
loading...