Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Asyik Sekarang Zakat Bisa Pakai Uang Virtual

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Jun 2, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Bagi umat islam membayar zakat bagi yang mampu adalah suatu kewajiban tiap individu. Zakat merupakan sejumlah harta yang biasa dikeluarkan oleh umat Islam untuk diberikan kepada golongan yang berhak seperti fakir miskin. Zakat sendiri hukumnya wajib dan terdiri atas dua macam yakni zakat maal dan zakat fitrah. Untuk zakat maal sendiri berupa hasil tambang, hasil ternak, emas dan perak yang intinya hasil dari penghasilan. Zakat fitrah biasa dikeluarkan ketika akan masuk hari lebaran. Zakat fitrah umumnya berupa beras sebanyak 3.5 liter atau 2.5 kilogram.

    [​IMG]
    Siapa Saja Penerima Zakat

    Penerima zakat ini bukanlah orang sembarangan namun terbagi atas delapan golongan. Delapan golongan ini diantaranya fakir, miskin, muallaf, amil, hamba sahaya, fisabillilah, gharimin dan ibnu sabil. Untuk pengertian setiap golongan tersebut bisa anda simak berikut ini :

    a. Fakir ialah mereka yang tidak memiliki apapun sehingga tak bisa memenuhi kebutuhan pokoknya

    b. Miskin adalah golongan yang memiliki harta namun tak cukup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya

    c. Mualaf merupakan mereka yang baru saja memeluk agama islam sehingga perlu penyesuaian diri terhadap agama barunya

    d. Amil ialah mereka yang mengumpulkan serta membagikan zakat kepada penerima zakat

    e. Fisabillilah adalah mereka yang berjuang di jalan Allah

    f. Ibnu sabil merupakan mereka yang dalam perjalanan kehabisan biaya

    g. Hamba sahaya ialah mereka yang ingin memerdekan dirinya alias budak

    h. Gharimin adalah orang yang berhutang demi memenuhi kebutuhannya yang halal namun tak sanggup membayar hutang tersebut.

    Adanya zakat ini selain sebagai jembatan untuk saling tolong menolong namun juga mampu mempererat tali persaudaraan. Di era yang serba digital ini bahkan untuk berzakat bisa menggunakan uang virtual lho.

    Masjid Pertama Yang Terima Bitcoin

    Saking ngetrendnya kini membayar zakat bahkan bisa pakai uang virtual. Hal ini dibuktikan oleh salah satu masjid yang berada di Hackey yang ada di London bagian timur. Salah satu kota di Inggris ini digadang – gadang menjadi masjid pertama yang menerima uang virtual sebagai zakat. Tak hanya zakat saja namun juga sedekah yang mana dalam bentuk bitcoin dan ethereum.Erkin Guney yang merupakan ketua dewan kesejahteraan Masjid menyatakan dengan dibukanya zakat atau sedekah melalui uang virtual dapat menarik perhatian dunia terhadap umat islam saat ini.

    Tak hanya itu pihak masjid juga bekerja sama dengan perusahaan start up blockchain untuk mengembangkan sebuah aplikasi Combo Innovation. Aplikasi ini diharapkan dapat menjadi solusi dalam menerima, menyimpan hingga menjual mata uang virtual sesuai syariat Islam. Nantinya donasi akan melalui laman resmi masjid memakai kode QR yang kemudian ditransfer ke dompet uang virtual. Menurut Gurmit Singh yang merupakan pendiri Combo Innovation bahwa saat ini belum ada lembaga yang menerima zakat melalui uang virtual.

    Pimpinan masjid di Hackey sendiri berharap mampu mengumpulkan 10 .000 poundsterling atau setara kurang lebih 186 juta pada pengumpulan zakat tahun ini. Selain halal dilakukan dengan adanya teknologi canggih ini akan mampu menarik banyak donator lagi. Terlebih populasi umat islam di dunia cukup banyak dan niai bitcoin saat ini juga sangat menguntungkan pemiliknya.

    Tak hanya zakat saja sebelumnya uang virtual juga digunakan untuk membayar pembelian pizza, asuransi, belanja di beberapa merchant, pembayaran pajak negara hingga paket perjalanan liburan. Keren bukan fungsi uang virtual kita saat ini ?
     

Share This Page



loading...
loading...