Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Apakah Ada Pajak Pada Bitcoin?

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Jun 12, 2017.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Apakah Ada Pajak Pada Bitcoin? -Bitcoin adalah mata uang virtual yang menggunakan sistem enkripsi kriptografi untuk memudahkan transfer dan penyimpanan yang aman. Tidak seperti mata uang kertas , bitcoin tidak dicetak oleh pemerintah dan dirasakan bentuknya, juga tidak didukung oleh apapun. Bitcoin dihasilkan oleh apa yang disebut mining-sebuah proses dimana komputer bertenaga tinggi, pada jaringan terdistribusi, menggunakan formula matematis open source untuk menghasilkan bitcoin. Dibutuhkan perangkat keras dan jam kerja berteknologi tinggi atau bahkan berlomba berhari-hari untuk menambang bitcoin. Seseorang dapat menambang bitcoin atau membelinya dari seseorang dengan membayar tunai, menggunakan kartu kredit , atau bahkan akun PayPal . Bitcoin dapat digunakan seperti mata uang dunia untuk membeli barang kapanpun dan dimanapun.

    [​IMG]


    Bitcoin sekarang terdaftar di bursa dan telah dipasangkan sebagai mata uang dunia terkemuka seperti dolar AS dan euro . Federal Reserve AS mengakui semakin pentingnya bitcoin saat mengumumkan bahwa transaksi dan investasi terkait bitcoin tidak dapat dianggap ilegal. Pada awalnya daya tarik bitcoin sebagian disebabkan oleh fakta bahwa bitcoin tidak diatur dan dapat digunakan dalam transaksi untuk menghindari kewajiban pajak. Sifat virtual bitcoin dan universalitasnya juga membuat lebih sulit untuk melacak transaksi lintas negara. Selain itu, otoritas pemerintah di seluruh dunia segera menyadari bahwa bitcoin menarik pemasar gelap yang bisa melakukan transaksi ilegal. Tentu saja, tidak mungkin bagi bitcoin untuk lolos dari radar otoritas pajak lama.

    Di seluruh dunia, otoritas pajak telah mencoba mengajukan peraturan tentang bitcoin . US Internal Revenue Service (IRS) dan rekan-rekannya dari negara lain kebanyakan berada pada halaman yang sama dalam hal penanganan bitcoin. IRS mengatakan bahwa bitcoin harus diperlakukan sebagai aset atau properti tidak berwujud dan bukan mata uang, karena tidak dikeluarkan oleh bank sentral suatu negara. Perlakuan Bitcoin sebagai aset membuat implikasi pajaknya jelas.

    IRS telah mewajibkan melaporkan transaksi bitcoin dengan segala jenis, tidak peduli seberapa kecil nilainya. Dengan demikian, setiap wajib pajak AS diharuskan menyimpan catatan tentang semua pembelian, penjualan, investasi, atau penggunaan bitcoin untuk membayar barang atau jasa (yang dianggap IRS sebagai barter). Karena bitcoin diperlakukan sebagai aset, jika Anda menggunakan bitcoin untuk transaksi sederhana seperti membeli bahan makanan di supermarket, Anda akan dikenai pajak keuntungan modal (baik jangka panjang maupun jangka pendek tergantung pada berapa lama Anda memegang bitcoin). Berikut adalah transaksi bitcoin yang akan menghasilkan pajak:

    · Menjual bitcoin, secara pribadi, ke pihak ketiga .

    · Menjual bitcoin, membeli dari seseorang, ke pihak ketiga.

    · Menggunakan bitcoin, yang mana mungkin untuk membeli barang atau jasa.

    · Menggunakan bitcoin, dibeli dari seseorang, untuk membeli barang atau jasa


    Jika seseorang bisa memiliki 10 bitcoin dan menjualnya seharga $ 250. Anda harus melaporkan penghasilan kena pajak $ 2500 sebelum biaya dikurangkan.

    Jika bitcoin disimpan untuk jangka waktu kurang dari setahun sebelum menjual atau bertukar, pajak capital gain jangka pendek diterapkan, yang sama dengan tarif pajak penghasilan biasa untuk individu. Namun, jika bitcoin ditahan lebih dari satu tahun, penggunaan pajak capital gain jangka panjang diterapkan. Di AS, tingkat pajak capital gain jangka panjang adalah 0% untuk orang-orang dengan tingkat bunga rata-rata 10% -15%, 15% untuk orang-orang di dalam kelompok pajak 25% -35%, dan 20% untuk mereka yang berada di 39,6 % Braket pajak Dengan demikian, individu membayar pajak dengan tarif yang lebih rendah daripada tarif pajak penghasilan biasa jika mereka telah memegang bitcoin lebih dari satu tahun. Namun, ini juga membatasi pengurangan pajak atas kerugian modal jangka panjang yang dapat diklaim seseorang . Kerugian modal terbatas pada total capital gain yang dicapai pada tahun ini ditambah sampai $ 3000 dari pendapatan biasa.

    Namun, perpajakan pada bitcoin dan pelaporannya tidak sesederhana kelihatannya. Sebagai permulaan, sulit untuk menentukan nilai wajar bitcoin pada transaksi pembelian dan penjualan. Bitcoin sangat mudah berubah dan ada ayunan harga yang besar dalam satu hari perdagangan. IRS mendorong konsistensi dalam pelaporan Anda; Jika Anda menggunakan harga tinggi hari ini untuk pembelian, Anda juga harus menggunakan penjualan yang sama. Juga, trader dan investor sering menggunakan teknik akuntansi " first in, first out " (FIFO) atau " last in, first out " (LIFO) untuk mengurangi kewajiban pajak.

    Pada akhir Maret 2015, Bitcoin diperdagangkan dengan harga sekitar $ 250, turun dari level tertinggi $ 1124 pada tanggal 29 November 2013. Kesuksesan Bitcoin sebagian disebabkan oleh anonimitas dalam transaksi dan tidak ada perpajakan. Namun, ketidakpastian seputar penerimaan dan perpajakan bitcoin, serta definisi pemerintah baru tentang apa itu bitcoin (mata uang versus aset) dan lebih banyak peraturan telah menyebabkan penurunan nilainya dan dapat terus mempengaruhi nilai bitcoin karena lebih banyak pemerintah menutup Celah pajak
     
    Last edited: Jul 3, 2017

Share This Page



loading...
loading...