Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Apa itu Blockchain?

Discussion in 'Berita dan Ekonomi' started by berita, Jan 30, 2018.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. berita

    berita Moderator

    Seharusnya sekarang sudah jelas bahwa teknologi blockchain dan ledger distributed akan memainkan peran yang sangat penting di masa depan kita. Tapi ternyata tidak.

    Faktanya, 59 persen konsumen di seluruh dunia mengatakan bahwa mereka belum pernah mendengar teknologi blockchain, menurut survey dari HSBC. Survei tersebut, yang diikuti oleh 2.000 orang dari Inggris dan 1.000 orang dari Kanada, China, Prancis, Jerman, Hong Kong, India, Meksiko, Singapura, UEA, dan Amerika Serikat, juga diketahui bahwa 80 persen dari mereka yang sudah pernah mendengar tentang blockchain tidak mengerti apa itu.

    Sementara itu, otoritas blockchain mengatakan bahwa teknologi baru ini menandakan dimulainya generasi penerus internet.

    Pakar industri sering mencoba memperkirakan kapan blockchain akan menjadi mainstream, namun adopsi konsumen di seluruh dunia tidak akan terjadi sampai kita mendidik media yang mainstream tentang apa itu sebenarnya blockchain.

    Saya mulai melayani perusahaan blockchain dan cryptocurrency sebagai strategis media dan komunikasi beberapa bulan yang lalu. Ketika saya mulai mendekati editor/jurnalis bisnis dan keuangan dari publikasi tingkat atas di Australia dengan kisah-kisah penting, begini percakapan yang berlangsung saat itu:

    Jurnalis: “Apa itu blockchain?”

    Saya: “Apa Anda pernah mendengar tentang bitcoin?”

    Jurnalis: “Pernah, sedikit.”

    Saya: “Jadi, blockchain adalah teknologi di balik bitcoin…”

    Itu terlalu sederhana, tapi saya harus menjelaskannya secara sederhana. Jika tidak, saya akan kehilangan perhatian mereka.

    Kenyataannya adalah bahwa banyak dari mereka masih belum pernah mendengar tentang blockchain, apalagi mengerti apa itu blockchain dan bagaimana cara kerjanya. Ini perlu diubah. Profesional media dan jurnalis memiliki tanggung jawab yang nyata untuk memberi tahu masyarakat tentang teknologi baru ini. Tapi perusahaan blockchain juga harus melakukan bagian mereka.

    Menginformasikan kepada publik

    Ada cerita baru dan menarik setiap hari tentang platform blockchain dan desentralisasi yang menarik yang menangani masalah dunia penting seperti pembajakan musik dan film, kecurangan makanan, dan industri energi. Agar gagasan ini bisa dimainkan, mereka membutuhkan orang untuk masuk dan berpartisipasi. Satu-satunya cara agar ini bisa terjadi adalah jika para jurnalis menginformasikannya kepada publik.

    Tetap update

    Jurnalis teknologi/bisnis/keuangan harus tetap berada di puncak bidang ini. Mereka bisa melakukan ini dengan membaca di luar bisnis mainstream dan media teknologi dan termasuk publikasi blockchain hingga bacaan harian mereka. Berikut adalah beberapa hal yang harus diikuti:

    Tapi untuk tetap up to date pada cryptocurrencies terkemuka, seperti bitcoin dan ether, saja tidak cukup. Mereka juga harus mengawasi apa yang dilakukan regulator keuangan di bidang tersebut, karena hal itu sangat mempengaruhi industri ini.

    Mengetahui kesadaran pengguna

    Profesional PR juga harus melakukan bagian mereka. Sebelum melempar artikel atau memperbanyak publikasi, mereka harus memeriksa target pemirsa publikasi dan memahami kesadaran mereka akan teknologi yang baru muncul.

    Ayelet Noff, pendiri dan CEO Blonde 2.0, agensi PR crypto dan blockchain, mengatakan bahwa langkah pertama strategi media perusahaan blockchain adalah untuk memahami siapa audiens mereka. "Para penonton akan dipisahkan menjadi dua kelompok: mereka yang mengerti blockchain dan mereka yang tidak."

    Saat menargetkan publikasi media mainstream, lebih aman untuk memasukkannya ke kategori yang terakhir, karena kebanyakan pembaca tidak mengenal blockchain. Namun pembaca publikasi media bisnis dan teknologi seringkali lebih paham tentang blockchain dengan lebih baik.

    Dengan kelompok yang sebelumnya tersebut, profesional PR tidak boleh takut untuk kembali ke hal mendasar dan menghapus semua jargon teknis. Perhatikan bahwa bagi banyak orang, istilah " cryptocurrency " masih merupakan kata berat untuk di pahami.

    Faktanya, Tim Culpan, seorang kolumnis
    teknologi Bloomberg, baru-baru ini menulis sebuah artikel berjudul
    "Bitcoin ≠ Blockchain." Ini mungkin mengejutkan, namun banyak yang
    masih memiliki kesulitan untuk membedakan kedua istilah tersebut.

    Menjelaskan dengan mudah

    Hal di atas hanyalah salahsatu alasan mengapa orang harus mendidik orang lain dan menjelaskanteknologinya secara menyeluruh dan sederhana. Tidak ada salahnya memecahkalimat dan menjelaskan setiap istilah.

    Bagi mereka yang akrab di tempatitu, mudah terbawa dengan penjelasan
    bitcoin sebagai jaringan pembayaran peer-to-peer yang terdesentralisasi yang
    didukung oleh penggunanya tanpa otoritas pusat atau perantara. Tapi rata-rataorang di jalan akan lebih baik jika mereka pertama kali mengerti bahwa bitcoinadalah bentuk mata uang digital, dibuat dan dipegang secara elektronik.

    Jangan meremehkan seberapapenting semantik itu. Dalam artikel tersebut, Culpan menambahkan,"pesanini berulang: Anda bisa menjadi pro-blockchain dan anti-bitcoin."

    Semakin banyak penguatan,semakin terdidik masyarakat tentang teknologi ini.

    Kembali ke dasar

    Tapi tanggung jawabnya bukanhanya pada wartawan dan profesional PR.

    Sementara beberapa – terutamayang berkecimpung di sektor jasa keuangan dan teknologi - mungkin dapatmemahami konsep blockchain, komunitas blockchain juga harus keluar dari gelembung finansial dan
    fintech untuk terhubung dengan orang-orang yang sebenarnya.

    Menguji penjelasan anda

    Sebagai permulaan, sayamendorong perusahaan blockchain untuk mundur selangkah dan menguji penjelasan mereka dengan rata-rataorang yang ada di jalan. Jikamereka tidak mengerti apa yang Anda bicarakan, akan sulitmenjual produk ataulayanan Anda kepada masyarakat luas.

    Mengevaluasi kembalipenjelasan Anda dan pastikan tetap singkat, hapusistilah teknis (pertimbangkanuntuk menghapus kata "blockchain"), dan gambarkan gagasan Anda dengansebuah studi kasus yang bagus.

    Misalnya, Provenance,perusahaan rantai pasokan blockchain yang berbasis di Inggris, menjelaskanlayanan mereka dengan cara yang sederhana. Situs web mereka menjelaskan bahwaplatform mereka "memberdayakan merek untuk mengambil langkah menujutransparansi yang lebih besar dengan menelusuri asal-usul dan sejarah produk."

    Mereka juga memiliki bagian"bagaimana cara kerjanya" di situs mereka yang menjelaskan bagaimanaplatform mereka dapat digunakan oleh orang yang berbeda.

    Menyewa seorang media profesional

    Saya juga merekomendasikanmelibatkan seorang media profesional
    untuk membantu menceritakan kisah Anda kepada editor berita dan jurnalis.

    Temukan agen hubungan media fintech/blockchain-savvy atau pakar hubungan masyarakatyang dapat memecah ide kompleks Anda menjadiformat yang lebih mudah dicerna.

    Untuk memanfaatkan strategi mediaAnda dengan tepat, pastikan Anda memiliki perasaan yang baik tentang halberikut:

    • Tujuan anda
    • Pesan yang ingin anda sampaikan
    • Target audiens anda
    • Metric sukses
    Jika tujuan Anda adalah untukmeningkatkan kesadaran merek dan menarik konsumen, maka Anda ingin menargetkanpembaca bisnis dan media arus utama. Tetapi jika tujuan Anda adalahmengumpulkan uang dan menarik investor di bidang cryptocurrency, maka Anda ingin menargetkan pembaca
    dari kunci cryptocurrency danblockchain press.

    Namun perhatikan bahwahubungan media seringkali membutuhkan landasan pacu yang lebih panjang untukmenjalankan strategi media yang sukses. Jadi, membangun kesadaran merek untukproyek Anda mungkin memerlukan beberapa waktu untuk menunjukkan hasilnya.

    * * *​

    Jika media profesional dan perusahaan blockchaim mulai bekerja sama untuk mendidikpublik tentang blockchain sekarang, maka kita akan melihat teknologi inimemainkan peran penting dalam kehidupan kita lebih cepat daripada yangdiantisipasi.
     

Share This Page



loading...
loading...