Serba-Serbi       Harga Bitcoin Hari Ini       Belajar Menambang       Berita Bitcoin     

Menggali bersama NVIDIA GTX 750ti

Discussion in 'Hardware dan Perangkat Tambang' started by MAXScrypt, Mar 26, 2014.

Bitcoin - Litecoin - Dogecoin  Sharing info ini melalui » 
  1. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Penasaran dengan kemampuan dan konsumsi daya NVIDIA GTX 750ti, sekitar seminggu lalu saya memesan 6 unit Zotac GTX 750ti reference. Merk ini menurut beberapa review mempunyai kemampuan hashing lebih baik dari merk lain walaupun bukan tipe OC.

    Karena motherboard ASROCK H61 PRO BTC yang saya order masih dalam perjalanan menuju Indonesia maka sementara saya pasangkan dengan ASROCK 970 Extreme 4 yang total slot pciE nya 5. Jadi lebih 1 deh. Setelah digantung dengan leluasa karena pakai pcie riser USB 3, jreng, masuk ke bios setting, install windows, driver, dan program mining CUDAMINER.

    Lalu, saatnya menggali...

    Dengan default clock GPU dan memory, hash speed per gpu nya sekitar 250 kh/s. berarti ini lebih dari setengah kecepatan radeon 7850. Wah, lumayan. 7850 makan 150 watt dapat hashspeed 350-400 dan ini makan 70 watt dapat hashspeed 250. dan belum di overclock pula :cool:

    Saatnya MSI afterburner beraksi...

    Setelah coba coba, restart restart akhirnya saya menemukan setting GPU +135 memory +500 sebagai settingan paling aman dan stabil. Kalau gpu +150 kadang terjadi error di cudaminer. Sya baca ada yang bisa gpu +150 mem +650 tapi ya, itu urusan nanti. karena ada hal lain yang lebih menggangu saya yaitu tidak semua gpu kecepatan hashingnya sama! dari 5 terpasang, hanya 2 yang mampu menyentuh angka 275 kh/s. 3 lagi 200an kecil dan malah di bawah 200. Hmmm...:(

    Usut punya usut dan baca punya baca, ternyata kecepatan hashing cudaminer masih tergantung pada kecepatan bandwidth slot pcie yang digunakan. asrock 970 extreme 4 punya 3 x PCI Express 2.0 x16 slots ( kecepatang tergantung konfigurasi yaitu single at x16 (PCIE2) / x8 (PCIE4), or dual at x8 (PCIE2) / x8 (PCIE4) 1 x PCIE5: x4 mode dan 2 x PCI Express 2.0 x1 slots. Semua gpu terpasang ke riser. Yang terpasang ke slot pcie x1 (2 vga) adalah yang kecepatannya paling parah.
    Tapi, menurut pembuat cudaminer, riser hanya akan mengurangi kecepatan sekitar 10-20 kh/s terlepas kecepatan slot pcie tersebut. Lalu kenapa ini bisa sampai hilang hampir 50% ?

    Dugaan pertama, jatuh pada slot pcie. Mungkin kalau di slot x1 kecepatannya bisa turun sampai sebesar itu. Tapi setelah baca2 lagi, ternyata ada kok yang bisa jalan pakai 6 vga dapat total 1760 kh/s (293 per vga). Dan saya yakin gak ada motherboard yang punya slot pcie x16 6 buah.

    Dugaan kedua, OS. Mungkinkah harus pakai linux ? Wah, masalahnya BAMT hanya ada cgminer dan NVIDIA bukan sahabat cgminer (dan variannya). Jadi terpaksalah saya coba install sendiri. Setelah susah payah dan makan waktu 6 jam (saya bukan newbie linux tapi bukan juga ahli linux hehehe) saya coba lah si cudaminer di OS linux dan hasilnya......sama saja :( Jadi apanya ya ?

    Dugaan ketiga, motherboard. Di salah satu forum saya pernah baca ada yang bertanya apakah vga nvidia ini akan bermasalah dengan chipset motherboard AMD karena sepengetahuan dia begitu. Awalnya saya gak terlalu perhatikan hal itu tapi karena sepertinya tidak ada jalan lain dan rig saya yang lain board dengan chipset amd 970 maka terpaksa lah saya bongkar desktop saya yang ber chipset intel p75. Anehnya, miner lain bisa mining dengan board amd 990. Jadi si 970 ini bener2 luar biasa gak suka sama 750ti :p

    Dan ternyata...memang si 970 ini yang bermasalah dengan cudaminer. Dengan motherboard chipset intel p75 (yang umurnya 2 tahun lebih kalau gak salah) cudaminer bisa bekerja dengan baik. Kecepatan hashing sesuai dengan yang saya perkirakan. Jadilah sambil menunggu asrock h61 btc pro rig para maxwell itu terpasang dengan konfigurasi 4 ke board intel dengan riser dan 2 ke board amd 970 langsung duduk di sloct pcie nya.

    Akhirnya, empat hari lalu datanglah si ASROCK H61 BTC pro dan hijrah lah para vga itu ke tempat baru dan hashing dengan kecepatan 250 kh/s tanpa overclock. Lalu muncul lah masalah baru...gimana caranya overclock pakai linux ? Tidak ada jalan lain, overclock dengan linux hanya bisa dengan overclock video bios. Bermodal dengan pengalaman pakai msi after burner saya rubah biosnya dengan kecepatan yang sama. Setelah saya pastikan stabil dengan kecepatan hashing total 1650 kh/s saya coba utak atik utak lagi karena ada yang bisa 1700an lebih.

    Setelah bulak balik linux (mining OS) - windows (edit vbios) - dos (flash vbios) maka hasil akhirnya adalah gpu 1390MHz (+211 untuk zotac) dan mem 3200 MHz (+500) yang menghasilkan kecepatan hashing 1700 kh/s untuk scrypt dan 840 scrypt.A.N dengan konsumsi daya AC (yang ditarik dari colokan listrik) sebesar 470 watt saya. Di atas rig 750ti, duduk masnis rig saya lagi yang terdiri dari 2 x r280x dengan kecepatan hashing 1500 kh/s scrypt dan 730 kh/s scrypt.A.N dengan konsumsi daya 670 watt. o_O

    Kesimpulan :
    • 750ti tidak berjodoh dengan motherboard chipset AMD 970 (berdasarkan pengalaman saya).
    • Biaya membangun rig 750ti > daripada rig 280x dengan kecepatan yang sama namun biaya perbulannya jauh lebih murah. rig 750ti = mobil hybrid = lampu led :D
    Sayangnya, NVIDIA tidak berencana dalam waktu dekat untuk release VGA premium dengan gpu Maxwell. Kemungkinan setelah pertengahan tahun. Dugaan saya, mendekati thanksgiving dan natalyaitu moment 'lebaran' nya amrik dimana setiap orang merasa wajib untuk belanja :D.

    Detail rig 750ti saya saat ini :
    1. motherboard asrock h61 pro btc + riser usb 3 x6
    2. processor Intel Pentium G2020 3.0Ghz Cache 3MB [Box] Socket LGA 1155
    3. RAM Kingston hyperX 2 x 4GB
    4. USB Adata 16GB USB 3.0
    5. VGA Zotac Geforce GTX 750 Ti 2048MB DDR5 x6
    6. PSU Corsair RM Series 650W Full Modular - Gol
    OS yang saya gunakan Kopiemtu 1.0 - bootable 64bit linux image for Nvidia 750 Ti
    Total biaya yang saya keluarkan sekitar 17jt. (lupa lagi persisnya).
    Referensi, review, cara overclock video bios ada di sini, sini dan sini.

    Jika ada rekan yang berminat untuk bikin rig 750ti saya sarankan pakai windows aja untuk mempermudah overclock. Saya pribadi memilih linux karena ke praktisan nya yaitu tinggal burn ke flashdisk, colok dan setting. Gak ada urusan install driver apa2 lagi. Kalau mulai ngaco saya tinggal copy setting nya, burn ulang, copy balik dan colok lagi. cuma butuh waktu 10 menit.

    Semoga bermanfaat :)
    ash61-1.jpg
     
  2. Moderator

    Moderator Moderator Staff Member

    Keren gan reviewnya...Mantap dah...

    Ditunggu sharing2 berikutnya...Mana nih rekan2 lainnya>>>Sharing dunk....
     
  3. benny martinus

    benny martinus New Member

    Minta spek hardware miner btc,mau bikin rig sendiri.thx
     
  4. bonar

    bonar Member

    Mantab gan reviewnya.... brarti gak bisa pake amd yah... kayaknya lebih afdol pasangannya ama si intel...

    Itu biosnya ada perlu di set voltnya gak ?

    terus kalo seandainya risernya cuman pake yg non usb, pengaruh ga tuh gan ?

    oh iyah, boleh tau temperaturnya brpan tuh gan ?

    thanks seblum dan sesudahnya...
     
  5. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Saya gak coba undervolt, tapi naikkin TDP (batas maksimal konsumsi daya) GPU dengan caranya bisa lihat di sini. NVIDIA menyatakan maksimum TDP nya 60 watt dan ternyata 60 watt itu sistem. GPU nya sendiri cuma makan 38,5 watt. Jadi modifikasi yang dilakukan itu menaikkan batas konsumsi daya GPU dan bukan menaikkan voltase seperti di GPU AMD.
    Lebih detail soal konsumsi daya AC dan suhu, berdasarkan di sistem saya dengan 6 VGA :
    • Idle = ~70 watt.
    • Full load = ~470 watt = ~66,6 watt per VGA suhu tertinggi 70C
    • Dengan modifikasi TDP sesuai link di atas full load = ~ 580 watt. Suhu tertinggi 80C
    Tambahan hashing speed dengan modifikasi TDP kalau gak salah inget sekitar 60 kh/s total, jadi sekitar 10an per vga. Setelah saya coba, saya balikin lagi ke max TDP awal dan hanya merubah speed GPU dan mem aja. Menurut saya gak sebanding dapet tambahan speed segitu tapi konsumsi daya total naik 100 watt dan suhu naik 10 derajat.
    Nanti kalau ada waktu rencana saya mau install windows di rig ini supaya bisa lebih enak nyari speed max-nya. Mesti beli monitor dulu hehehe.
     
    bonar likes this.
  6. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Gan, kalau spesifik mau mining Bitcoin bisa beli alat di http://bandarbitcoin.com/product.html. Kalau mau mining altcoin alias coin lain selain Bitcoin yang masih "masuk akal" di mining dengan VGA, spek yang saya tulis di OP bisa jadi patokan.
     
  7. bonar

    bonar Member

    ic"

    jadi istilahnya bukan di undervolt yah. tapi kinerjanya dimaksimalkan begitu ?

    trus itu metode flash biosnya sama kayak kita mau undervolt jg, harus dari command prompt dulu ?

    Mau monitor gan ? di kantor nih banyak 14" crt dah ga kepake... hehehehhe

    kalo mau angkut 1, silahkan aja... posisi ane di jkt...
     
  8. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Wah, terima kasih tawarannya gan. Nanti kalau saya main ke jakarta di pm ya.

    Betul sekali, flashnya di bios. Edit bios nya di windows.
     
  9. bonar

    bonar Member

    @MAXScrypt

    Gan, numpang tanya yah, kan ini pake mobo h61 pro btc, yang memang sudah dirancang dengan pci-e x1 5 slot, ditambah pci-e x16 1 slot.

    Alternatif lain selain mobo di atas, kira2 apa yah yang bisa mencakup sampai 6 vga skaligus berjalan ?

    Saya sudah liat" ada beberapa kandidat :
    Kelas Intel :
    1. MSI Z77 MPOWER socket 1155
    2. GIGABYTE GA-Z77X-D3H socket 1155
    3. BIOSTAR HI-FI Z77X socket 1155
    4. MSI Z87-G45 GAMING socket 1150
    5. GIGABYTE GA-Z87X-D3H socket 1150
    6. ASROCK FATAL1TY Z87 KILLER socket 1150
    7. MSI Z87-G55 socket 1150

    Dari mobo yang saya sebutkan diatas, harga kisaran antara 1,5 - 2,5 jt. jadi aga menyerupai harga dengan asrock h61 pro btc. Sebenarnya kalo untuk opsi ke mobo AMD, ada juga. tapi menurut pengalaman agan @MAXScrypt , Nvidia GTX750 ti tidak bersahabat dengan socket amd, dan dari hasil googling, rata2 pada pake asrock h61 atau h81 pro btc.

    jujur yah, kalo untuk paket mbo amd jatuhnya lebih murah di dana investasinya.... :), Tapi kalo harus sampai bermain di intel, yah mau ga mau deh milih intel.

    Sayang untuk pasar indonesia untuk socket 1150, tidak ada processor celeron, untuk menekan biaya investasi.

    Itu saja sebelumnya, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih
     
  10. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    Wah, saya pikir pemilu sudah selesai kemarin tanngal 9 :D
    Kalau dari posting di http://www.overclock.net/t/1468166/gtx-750-ti-mining/220#post_21896941 chipset Z77 dan Z87 ok buat 750ti. Dan AMD yang bermasalah dari yang saya baca2 cuma chipset 970 aja. Sebenarnya saya ada 1 rig lagi dengan chipset 990 (pakai gigabyte 990 yang UD3) di toko cuma saya belum coba aja karena rig 750ti ada di rumah. Rencana minggu ini semua rig kumpul di rumah. Nanti saya posting di thread share yang agan bikin.

    Kembali ke pemilu 7 caleg di atas, saya vote yang kalau + processor jadi yang paling murah :D
    Btw kalau agan mau silakan nawar H61 Pro BTC saya lewat PM. Sekalian rig nya juga boleh :)
     
  11. MAXScrypt

    MAXScrypt Member

    @bonar

    Setelah 4 jam coba coba dan baca2, saya simpulkan 750ti tidak bersahabat dengan chipset AMD 990. Dengan OS linux kopiemtu yang saya pakai sebelumnya kalau lebih dari 1 GPU hasilnya error "not enough memory" dan dari yang saya baca rata2 masalahnya memang itu. Ada juga yang dari 6 terpasang cuma terdetect 5. Saya gak coba pakai windows karena sebelumnya workstation saya yang ceritanya mau jadi rig kecil harus clean install gara2 ngutak ngatik voltage 280x. Cuma gara2 salah bios dan voltage :( Jadi buat saya, no windows for mining :cool:

    Dugaan saya, yang bermasalah adalah cudaminer dan 990, bukan 750ti nya. Sebelum ada 750ti sangat jarang rig NVIDIA dengan lebih dari 2 GPU dan rata2 motherboard chipsetnya intel. Sepertinya yang bikin cudaminer lagi coding gila2an gara2 750ti. Update terbaru dia berhasil mengatasi masalah hashrate yang drop karena riser.

    Selain itu, h61 pro BTC + sgminer 4.1.271 menambah hashrate rata2 280x saya dari 725an ke 740an. GB 990fxa-UD3 + sgminer 4.1.271 menurunkan hashrate rata2 280x saya dari 725an ke 710an. jadi chipset AMD sepertinya mau saya jauhi hahaha. Kayanya saya besok posting di marketplace nih :D
     
    Muh Akbar likes this.
  12. Muh Akbar

    Muh Akbar New Member

    @MAXScrypt gan numpang tanya klo mining magicoin itu spek compinya keq gimana bagus nya klo pesan di agan.
    agan ada FB atw cp lain biar mudah komunikasinya :);)
     

Share This Page



loading...
loading...